Kelurahan Ketapang Kotim berjuang menjadi juara tingkat regional

id Kelurahan Ketapang Kotim berjuang menjadi juara tingkat regional, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor, Raihansyah

Kelurahan Ketapang Kotim berjuang menjadi juara tingkat regional

Bupati Halikinnor bersama jajaran usai menghadiri paparan Kelurahan Ketapang sebagai kandidat lomba kelurahan zona 3 di Direktorat Jenderal Bina pemerintahan desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (11/8/2023). ANTARA/HO-DPMD Kotim

Sampit (ANTARA) - Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sedang berjuang untuk meraih juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2023.

"Hari ini paparan dan penilaian oleh tim pusat. Mudahan bisa menjadi terbaik dalam rangka perbaikan pelayanan di kelurahan se-Kotim. Paparan dihadiri oleh Bupati Kotim dan Sekda. Acara dilaksanakan di Ditjen Pemdes di Jakarta," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Raihansyah di Jakarta saat dihubungi, Jumat. 

Raihansyah menjelaskan, Kelurahan Ketapang menjadi juara 1 lomba kelurahan tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur. Saat lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kelurahan Ketapang kembali menjadi juara 1 sehingga mewakili ke tingkat nasional. 

Kelurahan Ketapang masuk zona 3 yang meliputi wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Setelah bersaing dengan kelurahan lain yang berjumlah 85 kelurahan di zona 3, Kelurahan Ketapang masuk tiga besar. 

Kelurahan Ketapang bersaing dengan dua kelurahan lainnya yang menjadi kandidat yaitu Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dan Kelurahan Maccini Sombala Tamalate Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjadi juara 1 zona 3.

Selasa (25/7) tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri telah turun ke lapangan melakukan penilaian secara langsung kondisi Kelurahan Ketapang. 

Kini giliran penilaian dari paparan  Ketapang Supriyadi di hadapan penilai. Paparan dilaksanakan di Direktorat Jenderal Bina pemerintahan desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta. 

Ada tujuh orang tim penilai lomba Kelurahan. Tim penilai terdiri dari Kementerian Dalam Negeri, Kemenparekraf dan akademisi dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia

Baca juga: Legislator minta normalisasi sungai cegah banjir di Sampit

Hadir pula Bupati Halikinnor Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kotawaringin Timur Raihansyah, Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat Setiadi, damang kepala adat PKK serta pejabat terkait lainnya

"Mohon doa seluruh masyarakat Kotawaringin Timur supaya Kelurahan Ketapang menjadi juara 1 sehingga selanjutnya bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," harap Raihansyah. 

Kotawaringin Timur terdiri dari 17 kecamatan, 168 desa dan 17  kelurahan. Dalam lomba tingkat provinsi, Kelurahan Ketapang terpilih menjadi terbaik pertama dan untuk desa menjadi terbaik kedua yaitu Desa Gunung Makmur.

Kelurahan Ketapang pernah menjadi juara lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, dan mewakili ke tingkat nasional pada tahun 2011. Kebetulan Bupati Halikinnor yang saat itu menjadi camat Mentawa Baru Ketapang.

Ditetapkannya Kelurahan Ketapang sebagai juara lomba kelurahan tingkat kabupaten, tentu didasarkan pada adanya keunggulan-keunggulan dari kelurahan lain yang ada.

Salah satu inovasinya yaitu kelurahan ini mempunyai inovasi dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) 
dikaitkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kelurahan Ketapang juga memiliki potensi pertanian hortikultura yang sangat besar. Dia mempersilakan tim penilai melihat sendiri keunggulan-keunggulan yang dimiliki kelurahan ini. 

Baca juga: Porprov Kalteng sukses, Kotim siap tuan rumah kejuaraan nasional

Baca juga: Kotim sukses juara Gala Siswa Indonesia ketiga kali

Baca juga: Bupati Kotim perintahkan tim anggaran prioritaskan pelunasan TPP