Puluhan anak usia dini unjuk bakat meriahkan HAN di Kapuas

id Puluhan anak usia diniunjuk bakat meriahkan peringatan HANdi Kapuas , kalteng, kapuas

Puluhan anak usia dini unjuk bakat meriahkan HAN di Kapuas

Sejumlah anak usia dini di Kabupaten Kapuas, ujuk kebolehan dalam meriahkan peringatan HAN dan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kapuas, Sabtu (12/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Puluhan anak usia dini di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, unjuk bakat dalam memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kapuas.

“HAN 2023 ini adalah momentum penting untuk menggiatkan kembali kepada semua bahwa anak-anak adalah kunci penting dari bagaimana masa depan bangsa ini terbentuk,” kata Sekda Kapuas, Septedy di Kuala Kapuas, Minggu (13/8).

Menurutnya, pemerintah daerah bertanggung jawab kita untuk melindungi, memelihara, dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Hal itu merupakan suatu kewajiban suci.

“Kita harus menciptakan lingkungan yang aman, dan peluang yang setara bagi setiap anak-anak, tanpa memandang latar belakang mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3PPKB Kapuas dr Tri Setyautami, mengatakan bahwa Kabupaten Kapuas memiliki tim gugus tugas Kota Layak Anak yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kapuas.

“Jadi, kita semua berkomitmen dan terus membenahi diri agar pemenuhan hak-hak anak bisa kita wujudkan sampai ke tingkat kecamatan dan desa. Itu harapan kita,” katanya.

Baca juga: DPRD Kapuas sampaikan tiga nama untuk menjadi pj bupati

HAN 2023 dengan tema anak terlindungi Indonesia maju,  pihaknya ingin semua anak tidak ada lagi ketidaksetaraan, ketidakadilan, ketimpangan dan sebagainya. Tidak boleh ada kekerasan-kekerasan sampai stunting, bulying dan sebagainya.

“Untuk itu kita mengajak semua, tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga semua dunia usaha, media dan juga masyarakat. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk memenuhi, mewujudkan pemenuhan hak-hak anak kita,” pungkas Tri Setyautami.

Sementara acara peringatan dibuka secara resmi oleh Sekda Kapuas Septedy, dihadiri Kepala Dinas P3PPKB Kapuas dr Tri Setyautami, Kepala Dinas Pendidikan Aswan dan sejumlah undangan lainnya.

Acara peringatan Hari Anak Nasional 2023 dan HUT Kemerdekaan RI ke 78 saat itu dimeriahkan dengan penampilan dan unjuk bakat anak-anak di daerah setempat seperti menari, pantomin, bercerita dan penampilan lainnya.

Selain itu juga dilakukan penandatangan komitmen bersama organisasi perangkat daerah dan mitra dalam mendukung Kabupaten Kapuas sebagai Kota Layak Anak tahun 2023.

Baca juga: Distan Kapuas bagi-bagi bendera kepada pengendara

Baca juga: DPRD Kapuas ikuti bimtek optimalisasi pembahasan APBD Perubahan 2023

Baca juga: Berkas perkara mantan bupati Kapuas dan istri dilimpahkan ke Tipikor Palangka Raya