Aldila sabet gelar WTA ketiga tahun ini dengan juarai ganda Cleveland

id Aldila,petenis,atlet tenis

Aldila sabet gelar WTA ketiga tahun ini dengan juarai ganda Cleveland

Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi (kanan) bersama petenis Jepang Miyu Kato (kiri) berpose dengan trofi setelah memenangi WTA 250 bertajuk Tennis in the Land di Cleveland, Ohio, AS, Sabtu (26/8/2023). (ANTARA/instagram.com/WTA)

Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil menjuarai ganda Tennis in The Land di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Sabtu (26/8) waktu setempat atau Minggu pagi WIB, yang merupakan gelar WTA ketiga baginya tahun ini.

Aldila yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato mengalahkan unggulan kedua Nichole Melichar-Martinez (AS)/Ellen Perez (Australia) dengan 6-4, 6-7(4/7), 10-8 pada babak final, menurut catatan WTA.

Bagi Aldila kemenangan tersebut merupakan gelar ketiga di turnamen level WTA 250 tahun ini setelah mengalahakan lawan yang sama dalam ATX Open di Austin, Texas, AS, Maret.

Saat itu, Aldila berpasangan dengan petenis Selandia Baru Erin Routliffe yang ia kalahkan pada babak semifinal WTA Cleveland, Jumat (25/8).

Pada awal Januari, Aldila berhasil meraih gelar pertama musim ini dengan memenangi ganda putri turnamen WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru.

Berpasangan dengan Kato, keduanya mengalahkan Leylah Fernandez (Kanada)/Bethanie Mattek-Sands (AS) pada babak final, sehingga kemenangan WTA Cleveland merupakan gelar kedua bagi Aldila/Kato.

"We are the CHAMPIONS. @miyukato1121 & @dila11 memenangi gelar kedua mereka tahun ini, dengan mengalahkan Melichar-Martinez/Perez 6-4, 6-7(4), 10-8 di Cleveland!," tulis WTA.

Tahun lalu, Aldila juga memenangi gelar juara level WTA 250 di Bogota, Kolombia, bersama petenis Australia Asthra Sharma pada April 2022. Aldila juga telah mengantongi dua gelar juara WTA 125 yaitu di Colina, Chili, dan Tampico, Meksiko.

Aldila memulai musim lapangan keras tahun ini di Mubadala Citi DC Open, Washington, setelah meninggalkan musim lapangan rumput dengan mencatatkan prestasi di Wimbledon.

Baca juga: Aldila/Kato melenggang ke final WTA Cleveland

Petenis berusia 28 tahun itu mencetak sejarah baru bagi tenis Indonesia dengan menembus semifinal ganda campuran Wimbledon bersama petenis Belanda Matwe Middelkoop.

Aldila yang juga bermain bersama Kato di ganda putri Wimbledon terhenti lebih awal pada babak 16 besar. Meski begitu, Aldila/Kato untuk pertama kalinya menempati unggulan ke-13 dalam Grand Slam. Sebelumnya, pada Australian Open dan French Open, keduanya menduduki unggulan ke-16.

Duet Indonesia/Jepang itu memasuki tur lapangan keras Amerika Utara musim ini di ATP/WTA 500 Washington pada akhir Juli, namun harus kandas di babak pembuka.

Duo Aldila/Kato juga mengikuti Canadian Open di Montreal pada awal Agustus, tetapi terjegal di babak 16 besar. Pekan selanjutnya, keduanya mengikuti ATP/WTA 1000 di Cincinnati namun terhenti di perempat final.

Kini, Aldila/Kato tampaknya akan menatap US Open, yang mulai bergulir Senin (28/8). Namun, WTA hingga saat ini belum mengumumkan drawing untuk sektor ganda Grand Slam penutup musim.