Pemprov Kalteng tingkatkan kapasitas ASN kelola konten media sosial pemerintah

id Pemprov kalteng, diskominfosantik kalteng, publikasi pemerintah, konten media sosial, medsos pemerintah, mmc kalteng, mu

Pemprov Kalteng tingkatkan kapasitas ASN kelola konten media sosial pemerintah

Kadiskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melatih para aparatur sipil negara (ASN) agar semakin optimal dalam membuat berita, mengelola konten media sosial, dan situs web resmi pemerintah.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Agus Siswadi di Palangka Raya, Selasa, mengatakan, pihaknya melakukan hal ini karena situs web maupun media sosial resmi instansi pemerintah memiliki peranan besar di era teknologi informasi yang berkembang pesat seperti saat ini.

"Selain sebagai sarana publikasi yang strategis dan luas tentang potensi daerah, termasuk untuk menyampaikan berbagai capaian pembangunan serta prestasi lainnya," katanya.

Untuk itu, kata dia, melalui berbagai kegiatan pelatihan yang dilaksanakan diharapkan ASN yang bertugas menulis berita maupun mengelola konten media sosial dapat memahami nilai berita dan menguasai teknis pengelolaan konten media sosial untuk menjadi representasi negara dan instansi dalam menyajikan layanan kepada masyarakat agar menjadi semakin baik.

"Dengan berbagai pelatihan, kami ingin memberi pemahaman ASN masing-masing perangkat daerah tentang penulisan berita sekaligus meningkatkan kemampuan mereka sehingga mampu merancang pesan yang tepat untuk khalayak sasaran dan menyebarluaskan di media sosial yang tepat," tambahnya.

Baca juga: Beras SPHP kian diminati masyarakat, Pemprov-Bulog Kalteng pastikan distribusi lancar

Adapun Diskominfosantik Kalimantan Tengah sesuai tupoksi dalam mendiseminasikan informasi hadir dengan portal berita Multimedia Center Kalimantan Tengah atau yang lebih akrab disebut MMCKalteng (https://mmc.kalteng.go.id), papar dia .

Multimedia Center Kalteng, ujar dia, merupakan media terluas dan tercepat dalam melakukan publikasi dan dokumentasi kegiatan pemerintahan, terutama program kegiatan pemprov yang memiliki standar operational procedure (SOP), kode etik jurnalistik (KEJ), dan struktur redaksi yang lengkap.

Ia mengatakan dalam implementasinya didukung pranata humas dan jurnalis yang ditugaskan di pos liputan seperti ekonomi, UMKM, legislatif, pembangunan dan infrastruktur, kesra, sosial, olahraga, lingkungan, pertambangan, energi, perhubungan dan ketahanan pangan.

Puncak hasil kinerja jurnalisme online atau daring yang dipraktikkan selama ini mendapat pengakuan secara nasional dibuktikan dengan prestasi, yakni Multi Media Centre dinobatkan sebagai Media Center dengan kategori penulisan berita terbaik peringkat tiga nasional pada 2023 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Pemprov Kalteng tingkatkan keterampilan Bunda PAUD menjadi semakin inovatif dan kreatif

Baca juga: Peringati Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pemprov Kalteng laksanakan vaksinasi rabies

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan kebaktian tingkatkan kualitas rohani ASN