Pemprov Kalteng tingkatkan keterampilan Bunda PAUD menjadi semakin inovatif dan kreatif

id Pemprov kalteng, bunda paud, wagub kalteng, edy pratowo, yulistra ivo sugianto sabran, pendidikan anak usia dini, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng tingkatkan keterampilan Bunda PAUD menjadi semakin inovatif dan kreatif

Pembukaan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi dan Apresiasi Pokja Bunda PAUD tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 2023 di Palangka Raya, Senin, (28/8/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Apresiasi Bunda PAUD untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan Bunda PAUD, sehingga mampu melahirkan berbagai terobosan yang inovatif dan kreatif.

"Peran Bunda PAUD sangatlah penting, karena dapat menjadi penggerak dan motivator dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo di Palangka Raya, Senin.

Hal itu dia sampaikan di sela pembukaan kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi dan Apresiasi Pokja Bunda PAUD tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari sejak 27-30 Agustus 2023, dengan peserta terdiri dari unsur Bunda PAUD kabupaten dan kota, kecamatan, kelurahan hingga desa, termasuk pengurus Pokja Bunda PAUD dan perwakilan Kepala Satuan PAUD HI se-Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut disampaikannya, PAUD merupakan salah satu pilar yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. PAUD menjadi fondasi dasar agar anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Maka pengembangan mutu PAUD harus mendapatkan perhatian serius, dengan kerja sama dan sinergi semua pemangku kepentingan, termasuk Bunda PAUD. Untuk bersama-sama mendorong peningkatan akses dan kualitas PAUD di Kalimantan Tengah," tegasnya.

Baca juga: Peringati Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pemprov Kalteng laksanakan vaksinasi rabies

Edy Pratowo mengharapkan melalui kegiatan ini dapat semakin menperkuat semangat dan komitmen Bunda PAUD untuk terus berupaya memajukan kualitas PAUD di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Bunda PAUD Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran mengajak Bunda PAUD di daerah terus bergerak maju memberi dukungan serta berinovasi mengembangkan PAUD berkualitas.

Dia juga meminta Bunda PAUD se-Kalimantan Tengah untuk memperjuangkan anggaran PAUD di daerahnya masing masing, sebab hal itu sangat penting untuk mendukung pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.

“Semoga nantinya semakin banyak ide dan inovasi untuk mengembangkan PAUD di daerahnya masing masing,” harapnya. 

Tak lupa, Yulistra Ivo mendorong penguatan layanan PAUD berkualitas secara Holistik Integratif, yakni model pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, melalui kegiatan bermain yang sekaligus merupakan proses belajar bagi anak didik.

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan kebaktian tingkatkan kualitas rohani ASN

Baca juga: DPW ALFI/ILFA-Pemprov bersinergi pacu pertumbuhan ekonomi di Kalteng

Baca juga: Sekda harapkan Kontingen Kalteng ukir prestasi dalam gelaran Popnas XVI