Legislator Barut minta PLN ganti kabel jaringan menuju pedesaan

id surianoor,fraksi demokrat,anggota dprd,barito utara,kalteng,listrik,pln

Legislator Barut minta PLN ganti kabel jaringan menuju pedesaan

Anggota DPRD Barito Utara Surianoor.ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRD Barito Utara Surianoor  meminta kepada pihak PT PLN agar bisa mengganti kabel jaringan listrik yang menuju wilayah pedesaan. 

“Saat ini hampir di seluruh wilayah kecamtan, khususnya di beberapa desa di daerah ini jaringan kabel listrik banyak yang semrawut,sehingga sangat rawan terjadi konsleting listrik,” kata Surianoor di Muara Teweh, Jumat. 

Menurut dia, seperti jaringan kabel di jalur wilayah Kecamatan Lahei dan Kecamatan Teweh Tengah jalur ke Desa Lemo. 

Di mana kabel yang digunakan masih yang telanjang tanpa ada pengaman, dan ini sangat rawan, apalagi di wilayah tersebut banyak pohon di kanan kiri jalan yang dahan dan rantingnya menyangkut di kabel-kabel listrik.

Dirinya meminta agar jaringan kabel listrik tersebut bisa diganti dengan kabel yang baru, sebab selain posisinya banyak yang dekat dengan pohon, juga kabel tersebut sudah berumur tua, sehingga rawan konslet yang mengakibatkan listrik padam.

Ia mencontohkan, seperti jaringan kabel di wilayah Desa Nihan, banyak terlihat kabel-kabel yang posisinya rendah menjuntai kebawah hingga beberapa meter saja dari tanah. Posisi kabel selain rawan konslet juga membahayakan pengguna jalan.

Selain itu kata dia di wilayah Desa Nihan, juga di wilayah Desa Lemo, listrik sering padam, apalagi disaat ada hujan. Hal ini disebabkan banyaknya kabel yang sudah tua dan sering terjadi kontak dengan pohon. 

“Apabila seperti ini pada saat hujan sering terjadi padam secara mendadak,” kata Surianoor.