Legislator Barut minta pemkab siap siaga banjir

id surianoor,anggota dprd,banjir,barut,barito utara,kalteng

Legislator Barut  minta pemkab siap siaga banjir

Anggota DPRD Barito Utara Surianoor.ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Surianoor  meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk siapa siaga dalam menghadapi banjir  akibat meluapnya Sungai Barito dan anak sungainya karena tingginya curah yang melanda kawasan setempat ditambah kiriman dari wilayah hulu sungai.

“Menghadapi situasi banjir saat ini saya harap BPBD dan Damkar dapat segera melakukan kesiapsiagaan, hingga mengontrol kondisi di lapangan untuk melakukan pengawasan serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir tersebut,” kata Surianoor di Muara Teweh, Jumat.

 Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang mengalami musibah banjir untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan.

Tidak lupa juga, kata dia,  peran masyarakat selain petugas agar dapat melakukan pengevakuasian dini untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Saya turut mengimbau kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir agar kiranya dapat melakukan pemindahan sementara, dan jika terdapat hal yang tidak dapat dilakukan sendiri dapat meminta pihak yang berkompeten mengatasinya seperti BPBD dan Damkar,” kata dia.

Dia meminta hal yang paling penting yakni menjaga lingkungan dari sampah yang turut mengapung dimana dapat menimbulkan penyakit, di samping itu juga semoga banjir ini cepat berlalu dan bilamana banjir ini semakin meninggi.

“Untuk itu saya harap BPBD maupun Damkar dan instansi terkait dapat membuka posko untuk masyarakat yang terkena banjir tersebut,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap kepada para camat, lurah dan kepala desa harus secepat mungkin membuat laporan tentang para warga nya yang terdampak Musibah banjir ke pemerintah kabupaten.