DPRD Barut apresiasi Pemdes Haragandang dan Medco tangani jalan

id surianoor,desa haragandang,sei intu,jembatan,lahei,medco,barut,barito utara,kalteng

DPRD Barut apresiasi Pemdes Haragandang dan Medco tangani jalan

Anggota DPRD Barito Utara Surianoor.ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Surianoor mengapresiasi dan mendukung langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Haragandang, Kecamatan Lahei yang bekerja sama dengan PT Medco Energi Bangkanai dalam melakukan penanganan pembersihan, scraffing dan pemadatan ruas jalan Haragandang menuju Sei Intu.

“Kami selaku anggota DPRD Barito Utara sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan oleh Pemdes Haragandang dan PT Medco Energi Bangkanai dalam rangka persiapan persesmian Jembatan Sei Intu,” kata Surianoor di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia penanganan jalan Desa Haragandang menuju Sei Intu tersebut sebagai upaya dalam rangka membantu Pemkab Barito Utara dalam persiapan peresmian penggunaan fungsional Jembatan Sei Intu Desa Haragandang yang telah selesai pembangunannya menggunakan dana murni APBD Kabupaten Barito Utara 2023.

Jembatan Sei Intu dibangun pada waktu Bupati Barito Utara dijabat oleh Bupati dua periode (2013-2023) H Nadalsyah, dan tahun ini jembatan Sei Intu telah selesai di bangun dan menunggu peresmian jembatan.

"Telah dibangun dan selesainya bangunan Jembatan Sei Intu tersebut masyarakat Desa Haragandang tidak lagi kesulitan untuk untuk bepergian melalui transportasi darat," katanya. 

Dia mengatakan dulu sebelum adanya jembatan masyarakat di daerah setempat hanya menggunakan jalur transportasi sungai. Dan dengan adanya Jembatan Sei Intu tersebut akses transportasi darat, masyarakat tidak lagi menggunakan transportasi sungai, sehingga perekonomian di desa terus meningkat.

Dirinya juga berharap, apabila nantinya jembatan Sei Intu telah diresmikan oleh Pj Bupati Barito Utara Muhlis, agar jembatan tersebut bisa dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat sekitar.

“Saya berharap dan menghimbau kepada warga masyarakat di Desa Haragandang maupun warga yang melintas di Jembatan Sei Intu agar jembatan tersebut dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Kepala Desa Haragandang Herdana mengatakan penanganan dan perbaikan jalan ini pihaknya bekerja sama dengan pihak perusahaan (PT Medco Energi Bangkanai) yang berada di wilayah Desa Haragandang.

“Penanganan jalan ini sebagai upaya dalam rangka membantu Pemkab Barito Utara dalam persiapan peresmian penggunaan fungsional Jembatan Sei Intu Desa Haragandang yang telah selesai pembangunannya menggunakan dana murni APBD Kabupaten Barito Utara tahun lalu,” kata Kepala Desa Haragandang Herdana.
 
Herdana atas nama Pemdes dan masyarakat Desa Haragandang mengucapkan terima kasih kepada H Nadalsyah selaku Bupati Barito Utara dua periode yang telah merencanakan pembangunan dan mengalokasikan serta melaksanakan pembangunan Jembatan Sei Intu Desa Harangandang sebagai desa yang letaknya bagian terujung Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur.

"Kami merasa bangga yang tidak terhingga atas pembangunan Jembatan Sei Intu tersebut.Diharapkan dengan adanya jembatan Sei Intu Desa Haragandang akan menjadi maju seperti desa-desa lainnya di daerah ini,” kata Kades Haragandang Herdana.