Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran

id Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran, kalteng, kapuas, sosial

Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Sekretaris Daerah Kapuas, Septedy menyerahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu korban kebakaran permukiman di Kapuas, Senin (11/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak musibah kebakaran pemukiman yang ada di jalan Jendral Ahmad Yani RT 019 Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, bisa menjadi penyemangat bagi mereka yang terdampak musibah kebakaran ini,” kata Sekretaris Daerah Kapuas Septedy di sela penyaluran, Senin (11/9).

Septedy mengungkapkan keprihatinannya atas musibah yang menimpa warga tersebut. Dia berharap kepada korban terdampak musibah kebakaran agar bisa tetap tabah.

“Pesan saya agar kita tetap sabar dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan ini,” ungkapnya.

Dirinya pun mengimbau serta mengingatkan seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas, khususnya masyarakat di Kecamatan Selat untuk senantiasa lebih berhati-hati agar musibah kebakaran yang terjadi ini tidak terulang kembali.

Dia menyarankan kepada masyarakat, sebelum bepergian atau meninggalkan rumah sebaiknya diperiksa kembali dan di pastikan benar-benar aman seperti, kompor memasak, listrik dan lain sebagainya yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: DPRD Kapuas setujui pemberian TPP bagi ASN

“Pastikan sebelum meninggalkan rumah atau tidur malam benar-benar aman, karena musibah kebakaran terjadi bisa kapan saja,” demikian Septedy.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kapuas Septedy, didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, Lurah Selat Hilir Julian Daniel Tupak dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan yang hadir.

Sebelumnya berdasarkan laporan yang diterima bahwa terjadi kebakaran pemukiman di jalan Jendral Ahmad Yani RT 019 Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat terjadi pada Minggu, 3 September 2023 sekitar pukul 00:48 WIB.

Akibat kejadian ini tujuh unit rumah terbakar dan korban terdampak sebanyak enam kepala keluarga dan 17 jiwa.

Bantuan yang disalurkan dari BPBD Kabupaten Kapuas berupa matras, selimut, paket sembako, serta uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas senilai Rp3 juta untuk masing-masing kepala keluarga yang menjadi korban musibah kebakaran tersebut.

Baca juga: Kebakaran kembali terjadi di Kapuas

Baca juga: Berikut luasan lahan terbakar di Kabupaten Kapuas

Baca juga: BKPP Pulang Pisau pastikan segera ada pelantikan