BKPP Pulang Pisau pastikan segera ada pelantikan

id BKPP Pulang Pisau pastikan segera ada pelantikan, Pulang Pisau, kapuas, asn

BKPP Pulang Pisau pastikan segera ada pelantikan

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pulang Pisau, Alfonso Royas. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Alfonso Royas memastikan pelantikan sejumlah pejabat untuk pengisian jabatan setingkat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang lowong segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Surat dan nama-nama dari hasil lelang jabatan sebelumnya sudah kita ajukan kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) dan masih menunggu tindak lanjut untuk mendapatkan persetujuan,” kata Alfonso di Pulang Pisau, Jumat.

Dikatakan Alfonso, ada 21 nama hasil lelang dari panitia seleksi (pansel) yang diajukan masing-masing peringkat satu sampai tiga terbaik yang disampaikan kepada KASN untuk mengisi tujuh jabatan yang masih lowong,. 

Nominasi nama dari hasil lelang tentunya berpeluang untuk mengisi posisi kepala pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perikanan, Dinas Pendidikan, Badan Keuangan dan Aset Daerah, dan Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat (Kesra).

Baca juga: Alat pengukur kualitas udara Pulang Pisau alami kerusakan

Sesuai dengan mekanisme, terang Alfonso, setelah ditindaklanjuti dan mendapat persetujuan KASN selanjutnya nama-nama tersebut dilaporkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk memilih satu dari tiga nama setiap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk dilantik.

“PPK nantinya yang kembali menilai, mempertimbangkan, dan memilih dari ketiga nama yang ada sehingga belum tentu peringkat pertama dalam hasil lelang jabatan langsung dilantik menjadi JPT,” ucapnya.

Terkait isu pergeseran sejumlah pejabat setingkat kepada bidang (Kabid), Alfonso mengungkapkan tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan apabila menjadi kebutuhan organisasi. Semua tergantung penilaian dari tim PPK yang mengevaluasi seluruh kinerja ASN di lingkungan pemerintah setempat.

“Untuk saat ini yang menjadi prioritas adalah pengisian tujuh jabatan yang masih lowong,” beber Alfonso.

Dirinya tidak bisa memastikan kapan tanggal pasti pelantikan pejabat tersebut. Namun, semakin cepat surat dari KASN diterima, semakin cepat pengisian dan pelantikan sejumlah jabatan yang lowong dilaksanakan. 

Baca juga: Pemprov juara umum Pesparawi Korpri IV tingkat Kalteng di Pulang Pisau

Baca juga: Perkara kasus narkoba dan persetubuhan di Pulang Pisau masih tinggi

Baca juga: Perkara kasus narkoba dan persetubuhan di Pulang Pisau masih tinggi