DPMPTSP Kalteng optimalkan penyediaan data dan peta potensi usaha

id Pemprov kalteng, dpmptsp kalteng, data investasi, peta potensi usaha, kalteng, kalimantan tengah

DPMPTSP Kalteng optimalkan penyediaan data dan peta potensi usaha

Pelaksanaan rapat antara dalam rangka penyediaan data atau informasi, peta potensi serta peluang usaha Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Senin, (11/9/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berupaya mengoptimalkan penyediaan data atau informasi, peta potensi serta peluang usaha sebagai salah satu cara menarik minat calon investor untuk berinvestasi.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalimantan Tengah, Sri Widanarni di Palangka Raya, Senin, mengatakan, dalam peta potensi dan peluang usaha tersebut memberi gambaran data dan informasi yang diperlukan bagi calon investor 

"Selain itu, melalui penyediaan data atau informasi, peta potensi serta peluang usaha ini, juga sebagai upaya menjadikan Kalimantan Tengah sebagai daerah tujuan investasi yang menarik," katanya.

Dia menjabarkan, investasi merupakan salah satu instrumen penting dalam meningkatkan perekonomian daerah. Berbagai kebijakan dilakukan pemerintah pusat hingga daerah guna  menggairahkan iklim investasi.

Hal ini dilakukan dengan cara memperbaiki atau memperbaharui regulasi perundang-undangan yang mendukung investasi maupun melalui perencanaan pengembangan iklim investasi, termasuk di antaranya penyediaan data, peta potensi serta peluang usaha.

Oleh karenanya pada kesempatan ini, DPMPTSP melaksanakan rapat kerja yang diharapkan terlaksana dengan fokus dan terarah pada sektor-sektor yang menjadi unggulan penanaman modal agar dapat menjadi peluang usaha yang terintegrasi dan berkelanjutan.

"Juga membangun profil peluang penanaman modal sesuai dengan daya dukung lingkungan dan karakteristik daerah. Komitmen dan dukungan kuat dari daerah menjadikan modal bagi maksimalnya output penyediaan data, peta potensi serta peluang usaha," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng bersama Bulog mulai penyaluran Bantuan Pangan Beras tahap dua
 
Sekretaris DPMPTSP Kalimantan Tengah Sukarno menambahkan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk memfasilitasi komunikasi dan koordinasi dalam penyediaan data, peta potensi serta peluang usaha antara tim tenaga ahli konsultan dengan pemda yang menjadi lokus kegiatan.

"Sehingga didapat data, peta potensi serta peluang usaha yang baik serta bermanfaat secara maksimal bagi peningkatan iklim investasi daerah," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng bangun pabrik pakan di Kotim penuhi kebutuhan daerah

Baca juga: RSUD Doris Sylvanus tingkatkan layanan dengan DSA

Baca juga: KPK tanamkan budaya antikorupsi kepada kepala daerah di Kalteng