Legislator Palangka Raya pinta Pemkot rutin cek debit air sungai

id Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra

Legislator Palangka Raya pinta Pemkot rutin cek debit air sungai

Legislator Kota Palangka Raya, Beta Syailendra. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar lebih untuk rutin melakukan pengecekan terhadap debit air di beberapa titik karena curah hujan beberapa hari terakhir ini cukup tinggi.

"Kita tahu saat ini curah hujan di kota ini cukup tinggi. Jadi, pemkot harus intens melakukan pengecekan debit air di beberapa sungai untuk deteksi dini antisipasi banjir," kata Beta Syailendra di Palangka Raya.

Menurut Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya itu, Pemkot juga harus bisa siap siaga dalam menghadapi terjadinya bencana, khususnya disaat musim hujan seperti saat ini. Sebab, selain banjir, bencana lainnya seperti angin puting beliung dan wabah penyakit juga rawan terjadi.

"Saya membaca berita, di beberapa daerah di provinsi tetangga sudah terjadi banji dan tanah longsor, dari itu kita harus siap siaga dalam kebencanaan ini," ucapnya.

Beberapa lokasi yang bisa dilakukan pengecekan debit air di Kota Palangka Raya di antaranya Sungai Kahayan, Sungai Rungun. Dan apabila terjadi kenaikan debit air yang tinggi, pemerintah bisa langsung memberitakan pemberitahuan kepada warga.

"Kalau terjadi kenaikan atau berada di titip waspada, pemerintah bisa segera memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah pinggiran sungai," terangnya.

Selain itu, pemkot harus siap dalam penanganan apabila suatu saat terjadi bencana alam agar bisa bergerak cepat apabila ada masyarakat yang memerlukan bantuan evakuasi.

"Kita tidak tau kapan datangnya bencana alam, yang pasti kita harus siap dalam melakukan penanganan atau evakuasi dalam kebencanaan," demikian kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.