Waket DPRD apresiasi pelaksanaan Barsel Expo 2023 berjalan sukses

id Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika, DPRD Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Barito Selatan, barsel, ka

Waket DPRD apresiasi pelaksanaan Barsel Expo 2023 berjalan sukses

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan Nyimas Artika. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan,  Kalimantan Tengah, Nyimas Artika mengapresiasi pelaksanaan Barsel Expo dan Festival Dahani Dahanai yang berjalan sukses dan berkontribusi dalam mempromosikan produk UMKM di wilayah setempat.

"Melalui kegiatan Barsel Expo tersebut, potensi dan produk unggulan Barito Selatan dapat dipromosikan kepada masyarakat secara luas," kata Nyimas di Buntok, Senin.

Demikian halnya dengan pelaksanaan Festival Dahani Dahanai itu, lanjut Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini, dalam upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan adat dan budaya. Sebab, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut juga dapat mendorong pemulihan ekonomi masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Hal itu mengingat, hampir tiga tahun kita menghadapi pandemi Corona  Virus Disease 19 (COVID-19) dan pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah kabupaten untuk pemulihan ekonomi masyarakat," kata dia.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan itu juga dalam upaya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah ini.

"Pada pelaksanaan Barsel Expo dan Festival Dahani Dahanai itu, pendapatan UMKM dan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) mengalami peningkatan dari sebelumnya," terangnya.

Selain dua kegiatan tersebut, menurut dia, pemerintah kabupaten Barito Selatan juga melaksanakan sejumlah turnamen olahraga bola voli, dayung, balap ketinting, tenis meja, basket, bulutangkis, dan futsal dan lainnya.

Baca juga: Transaksi di Barsel Expo 2023 capai Rp14,3 miliar

"Selain mencari bibit atlet, juga dalam upaya meningkatkan pendapatan terutama bagi PKL, sebab pada lokasi dilaksanakan momen tersebut, banyak PKL yang berjualan," kata dia.

Pada kesempatan itu juga, Nyimas mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri dan Satpol PP yang telah mengamankan pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga sejumlah kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. 

Baca juga: Barito Selatan kini miliki batik khas daerah

Baca juga: Repvblik dan Black Champagne meriahkan malam puncak hari jadi Barsel

Baca juga: Barsel Expo dan Festival Dahani Dahanai ajang promosi daerah