Transaksi di Barsel Expo 2023 capai Rp14,3 miliar

id Transaksi di Barsel Expo 2023 capai Rp14,3 miliar, kalteng, barsel, Barito selatan, ekonomi

Transaksi di Barsel Expo 2023 capai Rp14,3 miliar

Sekda Barsel, Edy Purwanto saat menerima piala dari Penjabat Bupati Barito Selatan yang mana stanĀ Setda pada Barsel Expo berhasil meraih juara I. ANTARA/Diskominfo Barsel

Buntok (ANTARA) - Ketua Panitia Barsel Expo 2023, Edy Purwanto mengatakan, omzet penjualan dan transaksi ekonomi pada kegiatan Barsel Expo dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-64 Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mencapai Rp14,3 miliar.

"Jumlah tersebut masih bergerak hingga laporan ini disampaikan," katanya saat menyampaikan laporan pada acara penutupan di Buntok, Sabtu malam.

Dikatakannya, angka transaksi ekonomi pada Barsel Expo 2023 ini jauh meningkat dibandingkan dari kegiatan Barsel Expo yang dilaksanakan pada 2019 lalu.

"Karena pada kegiatan Barsel Expo 2019 lalu, transaksi ekonominya berkisar di angka Rp7,9 miliar," terang Edy Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Barito Selatan tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan, kegiatan Barsel Expo 2023 ini pelaksanaannya dijadwalkan selama tujuh hari dari 17-23 September 2023.

"Untuk jumlah stan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), instansi vertikal dan perbankan sebanyak 56 stan," jelasnya.

Baca juga: Barito Selatan kini miliki batik khas daerah

Sedangkan stan Usaha Kecil Menengah sebanyak 103 stan dan ditambah lagi 137 Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) yang ikut memeriahkan Barsel Expo 2023 ini.

Menurut dia, sebagai bentuk apresiasi panitia Barsel Expo 2023, pihaknya akan mengumumkan stan terbaik kategori OPD maupun kategori umum.

Pada kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada penjabat Bupati Barito Selatan dan ketua TP PKK atas dukungannya, sehingga acara  Barsel Expo dan Festival Dahani Dahanai bisa terselenggara dengan baik, lancar dan sukses.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada OPD serta instansi vertikal dan TNI/Polri yang telah berperan menjaga keamanan selama kegiatan Barsel Expo dan  Festival Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut berlangsung," tambah dia.

Dalam acara penutupan Barsel Expo 2023 tersebut dilaksanakan malam hiburan rakyat dengan menghadirkan Repvblik Band dan Black Champagne serta artis dangdut dari ibukota Jakarta.

Baca juga: Repvblik dan Black Champagne meriahkan malam puncak hari jadi Barsel

Baca juga: Barsel Expo dan Festival Dahani Dahanai ajang promosi daerah

Baca juga: Festival Dahani Dahanai menjadi sarana pelestarian seni dan budaya