Cegah terpapar asap, warga Kapuas diminta kurangi keluar rumah

id Ketua DPRD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, DPRD Kapuas, kapuas, kalteng

Cegah terpapar asap, warga Kapuas diminta kurangi keluar rumah

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Ardiansah. ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, mengimbau sekaligus meminta kepada warga dapat mengurangi kegiatan di luar rumah, khususnya untuk kegiatan yang tidak terlalu penting, agar tidak terpapar kabut asap yang kini menyelimuti daerah setempat.

"Untuk anak-anakku yang bersekolah SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang beraktivitas di luar rumah, saya imbau menggunakan masker, dan minum air putih yang banyak," kata Ardiansah di Kuala Kapuas, Kamis (28/9).

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga mengingatkan warga di daerah setempat, untuk dapat menjaga kesehatan selama menghadapi situasi ini (kabut asap).

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan pasak Talawang ini, juga meminta masyarakat untuk mewaspadai musim kemarau saat ini yang terjadi diantaranya dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita memasuki musim kemarau seperti sekarang ini dan mengajak masyarakat serta pemilik lahan dan kebun supaya menghindari pembakaran saat melakukan pembukaan lahan," pintanya.

Dia menjelaskan dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar maka sudah dalam bentuk antisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Apalagi kebakaran lahan dan hutan juga berdampak bagi kesehatan masyarakat diantaranya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Baca juga: Minimalisir dampak asap, Dinkes Kapuas ingatkan masyarakat gunakan masker

"Jadi, kami mengajak instansi terkait diantaranya Puskesmas untuk melakukan penyuluhan dan mengingatkan masyarakat waspada terhadap akibat kabut asap bagi kesehatan," kata Ardiansah.

Dirinya pun mengapresiasi gerak cepat Dinas Kesehatan kabupaten setempat, yang telah melakukan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat sebagai upaya meminimalisir peningkatan penderita infeksi saluran pernapasan atas.

"Kita apresiasi langkah upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kapuas, dalam pembagian masker ini," demikian Ardiansah.

Baca juga: Delapan ruang sekolah dan lima unit rumah warga di Kapuas hangus terbakar

Baca juga: Penjabat bupati ajak semua elemen bersatu padu bangun Kapuas

Baca juga: Dinas Pertanian Kapuas kembali lanjutkan pembangunan RPU di Telo Baru