Mahasiswa harus gunakan intelektual merealisasikan Pancasila di era demokrasi

id Anggota MPR RI, DPD RI, Teras Narang, Agustin Teras Narang, Kalimantan Tengah, Kalteng

Mahasiswa harus gunakan intelektual merealisasikan Pancasila di era demokrasi

Anggota MPR RI Agustin Teras Narang memberikan pemaparan dalam diskusi Sistem Demokrasi Pancasila dengan mahasiswa UKPR di Palangka Raya, Minggu (15/10/2023). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota MPR RI dari DPD RI Agustin Teras Narang mendorong para mahasiswa yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, terkhusus di Universitas Kristen Palangka Raya, agar menggunakan intelektualitasnya dalam merealisasikan semangat Pancasila di era demokrasi.

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat intelektual tentunya dituntut untuk memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mengubah keadaan menjadi lebih baik, kata Teras Narang saat diskusi Sistem Demokrasi Pancasila dengan mahasiswa UKPR di Palangka Raya, Minggu.

"Jika mahasiswa tidak dapat menghasilkan perubahan dengan intelektualitasnya, maka itu adalah kesalahan mahasiswa itu sendiri," ucapnya.

Gubernur Kalteng periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu juga mengingatkan para mahasiswa UKPR di Kalteng sadar dan mau mengembangkan diri mereka di tengah sistem demokrasi Pancasila. Di mana sistem yang memberi kesempatan pada setiap warga untuk berkembang, memberi masukan untuk pengembangan, hingga mendorong adanya perubahan.

Teras Narang pun bercerita bagaimana dirinya pada saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Kristen Indonesia (UKI) di DKI Jakarta. Di mana dirinya yang merupakan putra Kalimantan dan bersuku Dayak, mampu menjadi Ketua Senat. Padahal kala itu, Ketua Senat cenderung dijabat oleh mahasiswa dari Sumatera Utara maupun Sulawesi.

"Saya adalah mahasiswa yang pertama kali menjadi Ketua Senat berasal dari Pulau Kalimantan dan bersuku Dayak. Itu berkat ruang demokrasi dan juga keberanian untuk tampil berkembang dengan semangat kebersamaan," ungkapnya.

Baca juga: Gunakan seluruh aturan menyelesaikan masalah bentrok warga dan aparat di Desa Bangkal

Menurutnya, pengalaman menjadi Ketua Senat di UKI kala masih mahasiswa tersebutlah yang mempengaruhi karir politiknya. Baik itu sebagai anggota DPR RI, Ketua Komisi II dan III DPR RI, Gubernur Kalteng, dan kini menjadi Anggota DPD RI periode 2019-2024. Semua itu karena kemampuan menggunakan intelektualitas dan semangat kebersamaan di tengah sistem demokrasi Pancasila.

Dia pun berharap berharap generasi muda Kalimantan Tengah tidak minder dan berani mengembangkan diri. Mau meningkatkan kapasitas dan kapabilitas di tengah sistem demokrasi Pancasila. Dan, tak lupa, untuk selalu menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam laku hidup sehari-hari.

"Jadi teladan intelektual, konsistensi dalam pikiran, perkataan dan perbuatan demi menghadirkan perubahan yang lebih baik bagi kemajuan negeri," demikian Teras Narang.

Baca juga: Perguruan Tinggi unggul di Indonesia sangat kecil, kata Teras Narang

Baca juga: Aset Nasional, Revitalisasi SMK GKE Mandomai perlu dukungan Presiden Jokowi

Baca juga: Masalah stunting perlu perhatian serius kades, kata Teras Narang