Pemkab Kobar bersama Komunitas TDA tingkatkan pengetahuan pelaku UMKM

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Komunitas Pengusaha Tangan di Atas, Komunitas TDA, kalteng

Pemkab Kobar bersama Komunitas TDA tingkatkan pengetahuan pelaku UMKM

Asisten III Setda Kobar Syarifuddin foto bersama saat Seminar Bisnis Pengusaha Muda dan UMKM di Pangkalan Bun, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, bersama Komunitas Pengusaha Tangan di Atas (TDA), menggelar seminar bisnis kepada para pengusaha muda dan pelaku UMKM yang ada di wilayah setempat.

Hadirnya seminar bisnis ini diharapkan dapat mewujudkan UMKM yang lebih bersaing di masa yang akan datang, kata Asisten III Sekretariat Kotawaringin Barat Syahruddin di Pangkalan Bun, Selasa.

"Mudah-mudahan produk yang dihasilkan UMKM di Kobar bisa semakin meluas pasaran hingga ke daerah lain. Kalau pasarnya meningkat dan lebih luas, tentunya dapat mempertinggi produktivitasnya juga," ucapnya.

Dia pun meyakini, dengan antusias para pelaku UMKM, mahasiswa dan pelajar yang turut hadir pada kegiatan tersebut, tentunya akan menjadikan pacuan kedepan, agar kegiatan tersebut tidak terlaksana hanya sekali saja namun berkelanjutan.

"Nanti kita akan melakukan evaluasi bersama dengan Disperindagkop Kobar, kalau memang masyarakat masih membutuhkan pelatihan selanjutnya, kita akan buka lagi untuk tahap selanjutnya," kata Syahruddin.

Sebelumnya, M Jerry Ari Ananta selaku Narasumber pada kegiatan seminar tersebut mengatakan, komunitas pengusaha tangan di atas ini merupakan kumpulan para pengusaha, yang sudah berdiri sejak 10 tahun lebih, dan sekarang sudah ada di 100 kota lebih.

"Untuk di Pangkalan Bun ini baru mau berdiri, jadi syaratnya mengadakan seminar bisnis ini, kemudian ada sharing bisnis baru nanti di Lantik, dan seminar ini merupakan pra launchingnya," ucapnya.

Jerry menyampaikan tujuan pihaknya melakukan kegiatan tersebut, dengan harapan dapat menguatkan dan meningkatkan usaha para pelaku UMKM dan pengusaha pemula.

"Tujuan kita ini adalah menyebarkan virus virus kewirausahaan bagi yang pemula pemula, dan menguatkan pada UMKM yang ada, dengan harapan dapat meningkatkan usahanya, agar mereka butuhnya apa, mungkin seperti pelatihan, atau wadah untuk menampung keluhan keluhan mereka serta memberikan solusi seperti apa yang mereka harapkan," jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, dia bersama narasumber lainnya memberikan materi materi yaitu tentang bagaimana pemberdayaan dengan cara pelatihan, menggali kebutuhannya, keyakinan berbisnis, dan tentang bagaimana agar UMKM ini bisa tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Petani di Kobar dapat bantuan alsintan kembangkan usaha

"Harapan ke depan UMKM di Kabupaten Kobar ini bisa lebih maju dan lebih jaya dengan adanya komunitas ini menjadi wadah bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Akbar selaku pelaku UMKM yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, hadirnya seminar tersebut dengan menghadirkan narasumber pengusaha-pengusaha muda sangat membantu sekali.

"Dengan ini kita jadi bisa dapat informasi, dapat tips mulai dari gimana kita membangun usaha, dari yang belum punya usaha, ataupun dari kita yang sudah punya usaha, untuk bisa tetap berjalan usahanya," 

Akbar berharap, kegiatan kegiatan seperti ini bisa di laksanakan rutin, agar para pelaku UMKM bisa membangun serta mendapatkan pengetahuan pengetahuan lainnya, supaya bagi pengusaha pemula tetap yakin untuk membangun usahanya.

Baca juga: Festival Batang Arut diharapkan dapat menghidupkan kembali masa keemasan Kobar

Baca juga: Kobar Expo sarana pemerintah memberi ruang bagi pelaku UMKM

Baca juga: Kobar Bershalawat upaya menciptakan masyarakat damai dan berakhlak mulia