Petani di Kobar dapat bantuan alsintan kembangkan usaha

id Petani di Kobar dapat bantuan alsintan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Petani di Kobar dapat bantuan alsintan kembangkan usaha

Asisten I Setda Kobar bersama anggota DPR RI Dapil Kalteng Bambang Purwanto saat menyerahkan secara simbolis Alsintan, Senin (16/10/2023) ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah bersama anggota DPR RI Bambang Purwanto, menyerahkan bantuan hibah alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun 2023 kepada kelompok tani di daerah ini.

"Ini merupakan upaya mendukung percepatan kegiatan optimalisasi lahan untuk meningkatkan daya olah lahan, luas tanam, baik tanaman pangan maupun hortikultura yang merupakan kebutuhan pokok kita semua," kata Asisten I Sekretariat Daerah Kotawaringin Barat Tengku Ali Syahbana di Pangkalan Bun, Senin.

Hal tersebut di sampaikan Tengku Ali, pada saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa, pada kegiatan penyerahan alat mesin pertanian tersebut, di halaman kantor Dinas Pertanian Kotawaringin Barat.

Ali Syahbana mengatakan, pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan menjadi prioritas utama pemerintah.

"Sebagai upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan, berbagai program kegiatan pertanian diarahkan untuk meningkatkan produksi beberapa komoditas pertanian, yang didukung dengan keberpihakan kebijakan pemerintah terhadap masyarakat,  khususnya petani," ucapnya.

Pemerintah daerah berharap dengan adanya bantuan alat mesin tersebut, dapat membantu mengatasi kelangkaan tenaga kerja. Ini juga diharapkan mampu menarik tenaga kerja muda untuk terjadi di bidang pertanian khususnya pertanian pangan.

"Alat mesin yang kita serahkan ini dapat membantu percepatan pengolahan tanah dan keserempakan tanam, serta panen dapat di capai dengan mengoptimalkan pemanfaatan alat mesin ini," ungkapnya.

Baca juga: Festival Batang Arut diharapkan dapat menghidupkan kembali masa keemasan Kobar

Sementara itu, anggota DPR RI Dapil Kalteng Bambang Purwanto mengatakan, bahwa penyerahan bantuan hibah alat mesin pertanian ini merupakan kali keempat yang diserahkan pihaknya kepada kelompok tani di Kobar.

"Kami berupaya untuk membantu alat mesin pertanian kepada petani petani kita, untuk meningkatkan kinerja para petani dan sekaligus menarik minat petani muda," ucapnya.

Bambang menyampaikan, bahwa di kabupaten lainnya sudah mulai muncul anak anak muda yang terjun ke bidang pertanian, dan hasilnya cukup memuaskan.

Dia menyampaikan, selain membagikan alat mesin pertanian ini, pihaknya juga memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidangnya.

"Karena jenis hama penyakit terus berkembang, kemudian kualitas tanaman juga berkembang terus, jadi para petani kita dan PPL kita juga harus di tingkatkan pengetahuannya, sehingga menjadi petani yang modern," demikian Bambang Purwanto.

Baca juga: Kobar Expo sarana pemerintah memberi ruang bagi pelaku UMKM

Baca juga: Polisi amankan tersangka pelaku penusukan teman sendiri di Kobar

Baca juga: Kobar Bershalawat upaya menciptakan masyarakat damai dan berakhlak mulia