Waket DPRD Kapuas yakin masyarakat makin dewasa menyikapi perbedaan pilihan politik

id dprd kapuas, wakil ketua dprd kapuas, yohanes, pemilu 2024, pesta demokrasi, kuala kapuas, kapuas

Waket DPRD Kapuas yakin masyarakat makin dewasa menyikapi perbedaan pilihan politik

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yohanes, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga daerah tetap kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Masyarakat kami harapkan dapat menjaga daerah tetap kondusif. Kerukunan di masyarakat merupakan aset yang tidak ternilai harganya," katanya di Kuala Kapuas, Selasa.

Baca juga: 11 pelaku pembakar rumah kosong di Kapuas diamankan, diantaranya anak bawah umur

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, setelah menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang dalam rangka Pemilu 2024 di Stadion Panunjung Tarung.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang hajatan politik 2024 yakni Pilpres, Pileg dan Pilkada. Menurutnya, daerah yang kondusif merupakan modal dasar untuk terselenggaranya pemilu yang aman dan lancar.

“Untuk itu stabilitas keamanan harus tetap kondusif di wilayah Kapuas,” jelasnya.

Meski begitu, wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II meliputi Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai ini meyakini, masyarakat sudah semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan pilihan politik.

Hal itu menjadi kekuatan masyarakat untuk tidak mudah tergiring oleh informasi yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

“Harapannya Kapuas menjadi tempat aman dan tidak terpecah belah. Demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil,” ujarnya.

Sementara itu Polres Kapuas menerjunkan sebanyak 471 personel untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita menyiapkan 471 personel Polisi untuk melakukan pengamanan Pemilihan Umum 2024,” kata Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono usai gelar pasukan operasi Mantap Brata.

Personel Polisi ini nantinya dibantu TNI, Pemkab Kapuas dan elemen masyarakat. Adapun operasi ini, lanjut dia, untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana dalam pengamanan Pemilu selama 222 hari ke depan, mulai hari ini hingga 24 Oktober 2024.

Baca juga: Eks Kadis Kominfo Kapuas divonis 1 tahun 2 bulan penjara

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas dukung turnamen olahraga digelar Kodim 1011

Baca juga: Kapuas matangkan persiapan peringatan HSP dan IBAB Kalteng