Gedung Kaharingan Center wujud dukungan Pemkab Gunung Mas

id pemkab gunung mas, kaharingan center, bupati jaya s monong, kuala kurun, gumas, gunung mas, hindu kaharingan

Gedung Kaharingan Center wujud dukungan Pemkab Gunung Mas

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menandatangani prasasti peresmian Gedung Kaharingan Center di Kuala Kurun, Sabtu (21/10/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong meresmikan Gedung Kaharingan Center yang merupakan wujud dukungan sekaligus kepedulian pemerintah kabupaten terhadap pembinaan umat beragama, dalam hal ini umat Hindu Kaharingan.
 
“Pertama-tama saya ucapkan selamat dan sukses atas peresmian Gedung Kaharingan Center Gunung Mas yang kita laksanakan pada hari ini,” ucapnya usai melakukan peresmian di Kuala Kurun, Sabtu.
 
Dia menyebut, Gedung Kaharingan Center Gunung Mas terletak di jalan protokol Kota Kuala Kurun. Gedung ini termasuk salah satu gedung yang megah yang ada di daerah setempat.
 
Keberadaan gedung diharap dapat menjadi pusat bagi umat Hindu Kaharingan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan demi kemajuan umat.
 
“Rawat Gedung Kaharingan Center ini dengan baik dan sungguh-sungguh, serta gunakan dan manfaatkan dengan semestinya,” kata orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas itu.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Gunung Mas, Naro menyampaikan, peresmian Gedung Kaharingan Center dirangkai dengan pemindahan Balai Karamat Raja Kantor Bupati.
 
Kegiatan dimulai sejak 20 Oktober 2023 dengan melakukan upacara ritual Balian Tantulak Dahiang, yakni ritual untuk memberitahukan kepada leluhur agar pelaksanaan kegiatan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Bupati lantik Richard menjadi Sekda Gunung Mas
 
Selanjutnya pada 21 Oktober 2023 dilakukan peresmian Gedung Kaharingan Center, dan rencananya pada 22 Oktober 2023 akan dilakukan tabuh pemindahan Balai Karamat Raja dengan sejumlah kegiatan.
 
Sejumlah kegiatan yang dimaksud antara lain Balian Manantan Dahiang dan penyembelihan hewan di Balai Karamat Raja, Balian Ngarunya Sahur, serta Balian Karunya pejabat dan panitia.
 
“Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah, yang telah memberi bantuan untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” demikian Naro.

Baca juga: PLN-Kejaksaan Negeri Gumas komit bekerja sama wujudkan Kalimantan Terang

Baca juga: Pemkab Gunung Mas sinergikan arah kebijakan dengan perencanaan desa

Baca juga: Pemkab Gunung Mas bantu sosialisasikan mekanisme DPTb