DPMD Kalteng-Kemendagri berkolaborasi sukseskan P3PD

id pemprov kalteng, dpmd kalteng, aryawan, p3pd, Program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa, kemendagri, kalteng

DPMD Kalteng-Kemendagri berkolaborasi sukseskan P3PD

Kepala DPMD Kalteng, Aryawan. (ANTARA/HO-DPMD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bekerja sama dengan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri berkolaborasi menyukseskan pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).
 
"Pelaksanaan P3PD kami harapkan dapat membawa perubahan pada sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa maupun pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan serta peningkatan kapasitas," kata Kepala DPMD Kalteng Aryawan di Palangka Raya, Selasa.
 
P3PD adalah program yang dicanangkan pemerintah untuk memperkuat pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, sekaligus mempercepat pembangunan di daerah perdesaan.
 
Hal itu dia sampaikan di sela kegiatan konsolidasi pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Dia menyampaikan konsolidasi ini dilaksanakan untuk semakin memperkuat koordinasi pelaksanaan P3PD di daerah sehingga pengelolaannya benar-benar berjalan baik.

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan perpustakaan sekolah pacu pembangunan literasi masyarakat
 
P3PD merupakan program pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan program ini dilaksanakan oleh empat kementerian dan lembaga.
 
Kementerian dan lembaga tersebut, yaitu Komponen I Kementerian Dalam Negeri, serta Komponen II Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi.
 
Selanjutnya Komponen III Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), serta Komponen IV Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.
 
“Dengan adanya konsolidasi pelaksanaan P3PD di Kalimantan Tengah ini akan meningkatkan komitmen bersama dan menghasilkan kontribusi terbaik yang signifikan demi suksesnya pelaksanaan program untuk meningkatkan pembangunan desa secara berkelanjutan," terang Aryawan.

Baca juga: Wagub Kalteng minta media penyiaran jadi katalisator pesan baik dalam pemilu

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan TKSK tangani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Baca juga: Pemprov Kalteng kembangkan Posyantek sebagai wadah penghubung teknologi