Kabut asap tipis, Ketua DPRD Palangka Raya minta warga tetap waspadai karhutla

id Sigit K Yunianto ,Karhutla ,DPRD Palangka Raya,Ketua DPRD Palangka Raya,Kalteng

Kabut asap tipis, Ketua DPRD Palangka Raya minta warga tetap waspadai karhutla

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta kepada seluruh masyarakat di daerah itu, untuk tetap kembali mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Meskipun daerah kita sudah diguyur hujan beberapa kali, namun saya harapkan masyarakat tetap menjaga daerahnya sehingga karhutla tidak terjadi kembali," kata Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Rabu.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut menjelaskan, dalam beberapa hari ini asap tipis yang diduga akibat dari karhutla kembali menyelimuti wajah kota.

Jangan sampai asap karhutla ini kian menjadi-jadi sehingga nantinya dapat membahayakan kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas masyarakat, seperti dunia pendidikan akan di liburkan.

"Ya harapan kami jangan sampai hal itu terjadi. Mari kita jaga daerah kita agar persoalan karhutla ini segera berakhir dan mari kita doakan hujan yang turun membasahi kota juga membantu pemadaman karhutla tersebut," bebernya.

Sigit K Yunianto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng tersebut menambahkan, masyarakat jangan takut atau segan-segan melaporkan apabila ada oknum warga yang melakukan pembakaran lahan dengan cara di sengaja.

Karena kalau hal tersebut tidak ditindak tegas, takutnya persoalan tersebut tidak akan memberikan efek jera kepada pelakunya. Saat ini kepolisian juga benar-benar tidak akan memberikan ampun bagi pelaku pembakar lahan tersebut.

"Tangkap dan serahkan ke pihak kepolisian apabila benar ada oknum pembakar lahan tersebut," demikian Sigit K Yunianto