DPRD Kotim dukung penambahan maskapai penerbangan di Sampit

id DPRD Kotim dukung penambahan maskapai penerbangan di Sampit, kalteng, dprd Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, Bandara Sampit, Muhammad Kurni

DPRD Kotim dukung penambahan maskapai penerbangan di Sampit

Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Muhammad Kurniawan Anwar. ANTARA/HO-Muhammad Kurniawan Anwar.

Sampit (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mendukung rencana maskapai TransNusa yang akan melayani penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit mulai Desember 2023. 

"Kami tentu sangat mendukung apabila wacana tersebut dapat segera terealisasi. Yang jelas, masyarakat sangat membutuhkan kepastian terbang terjadwal serta harga kompetitif," kata Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Muhammad Kurniawan Anwar di Sampit, Senin. 

Ia menuturkan, saat ini Kotawaringin Timur memang membutuhkan tambahan jadwal penerbangan. Meskipun saat ini penerbangan terjadwal sudah ada, tapi sering terjadi ketidakpastian penerbangan. Hal ini yang membuat calon penumpang di Kotawaringin Timur beralih ke bandara di daerah lain. 

"Kondisi seperti ini sangat tentu membuat kita kehilangan potensi perkembangan ekonomi," ucapnya. 

Kurniawan menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung program pemerintah daerah untuk meningkatkan sektor transportasi di KotawaringinTimur. 

DPRD mendukung rencana perpanjangan landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit agar dapat menampung pesawat dengan kapasitas yang lebih besar. 

Dengan demikian, diharapkan tarif untuk jasa transportasi penerbangan lebih terjangkau untuk masyarakat Kotawaringin Timur dan sekitarnya. 

Sementara itu, pada Minggu (5/11) kemarin, Bupati Halikinnor membeberkan, pada 1 Desember 2023 maskapai TransNusa akan resmi beroperasi di Bandara Haji Asan Sampit.

Baca juga: TransNusa segera ramaikan penerbangan di Sampit

“Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama TransNusa akan beroperasi di Sampit. Kesepakatan sementara, pada 1 Desember nanti sudah operasional,” ungkap Halikinnor.

Halikinnor juga menyampaikan, bahwa belum lama ini ia telah bertemu dengan Direktur Utama Maskapai TransNusa untuk membahas operasional maskapai tersebut di Kota Sampit. 

Pertemuan itu pun mendapat hasil yang cukup positif. Kedua belah pihak sepakat agar operasional maskapai tersebut bisa segera dilaksanakan.

“Rencananya malam ini saya akan kembali bertemu Dirut TransNusa untuk membahas lebih lanjut terkait hal ini. Saya ingin pesawat Comac ARJ21 milik mereka bisa masuk Kotim,” tuturnya.

Pesawat dari TransNusa yang akan beroperasi di Bandara Haji Asan Sampit rencananya adalah pesawat jet bisnis jenis ARJ21 yang bisa menampung hingga 90 penumpang.

Rencananya pesawat ini akan melayani 4 rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) setiap hari, yakni rute Sampit-Jakarta, Sampit-Semarang, Sampit-Surabaya dan Sampit-Banjarmasin.

Ia pun telah menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan untuk menyiapkan data dan berkoordinasi dengan Kepala Bandara Haji Asan Sampit terkait potensi jasa penerbangan di KotawaringinTimur. Sebab, ia ingin agar pesawat tersebut bisa melakukan penerbangan setiap hari.

Baca juga: Menjamurnya pusat perbelanjaan gambaran pemulihan ekonomi Kotim

Baca juga: Kemah budaya Kotim ajang promosi seni dan tradisi daerah

Baca juga: Wabup Kotim ingatkan warga waspada kebakaran dipicu korsleting listrik