Legislator Palangka Raya apresiasi BPBD gencar sosialisasi mitigasi bencana

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Ruselita,Kalteng,mitigasi bencana,Berlianto

Legislator Palangka Raya apresiasi BPBD gencar sosialisasi mitigasi bencana

Legislator Kota Palangka Raya Ruselita. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita mengapresiasi kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota setempat yang gencar melakukan sosialisasi mitigasi bencana seperti banjir. 

"Ini kan musim penghujan makanya masyarakat diminta waspada terkait bencana banjir yang sering melanda sejumlah daerah di Palangka Raya," kata Ruselita di Palangka Raya, Rabu.

Baca juga: Anggota DPR RI: Waspada bencana banjir di Kalteng

Dengan ada nya sosialisasi mitigasi bencana ke masyarakat, tentunya warga yang pemukimannya menjadi langganan banjir harus benar-benar mewaspadai bencana tersebut. 

Jangan sampai bencana banjir yang setiap tahun selalu melanda pemukiman warga yang dekat bantaran Sungai Kahayan tersebut, malah memakan korban jiwa seperti anak hilang atau hanyut terbawa arus banjir yang merendam kediaman warga.

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan 1.000 paket bantuan untuk warga terdampak banjir di Barsel

"Semoga saja tahun ini bencana tersebut tidak terjadi di daerah kita. Tetapi apabila hujan terus menerus melanda daerah kita, maka masyarakat wajib mewaspadainya," bebernya. 

Pada hari ini, personel BPBD Kota Palangka Raya telah mengambil langkah proaktif dalam upaya mitigasi bencana banjir di Palangka Raya.

Baca juga: BPBD Palangka Raya komitmen beri perlindungan mitra penanggulangan bencana

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Palangka Raya Berlianto menutur kegiatan ini dilaksanakan oleh pejabat fungsional BPBD setempat di dua lokasi yang dinilai rawan banjir, yaitu Jalan Mendawai dan Jalan Pelatuk.

"Sosialisasi tersebut bertujuan yakni untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat sekitar dalam menghadapi potensi bencana alam banjir," demikian Berlianto. 

Baca juga: Cegah dampak karhutla, Pemkot Palangka Raya bagikan masker pada pelajar

Baca juga: Cetak dokumen kependudukan di kecamatan mudahkan masyarakat Palangka Raya