Sambut IKN, Kaltim adakan Kejuaraan Sepak Bola Wanita

id kaltim,sepak bola wanita,ikn,samarinda

Sambut IKN, Kaltim adakan Kejuaraan Sepak Bola Wanita

Flayer Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 (Antara / HO Dispora Kaltim)

Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 untuk menyambut kepindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di provinsi tersebut pada 2024.


“Piala Gubernur Kaltim untuk kejuaraan sepak bola wanita ini digelar selama tujuh hari, 15-21 November. Saat ini persiapannya sangat matang,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim M Agus Hari Kesuma di Samarinda, Rabu.

Kejuaraan yang dipusatkan Samarinda ini merupakan salah satu kegiatan yang digelar untuk menyongsong IKN karena wilayah IKN ada di tengah-tengah Provinsi Kaltim sehingga Kaltim harus mencetak prestasi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Agus melanjutkan bahwa sebagai wilayah yang menjadi lokasi ibu kota negara baru maka semua bidang harus diupayakan memiliki daya saing, termasuk bidang olahraga.

Untuk itu, melalui cabang olahraga sepak bola wanita diharapkan bisa meningkatkan daya saing para atlet melalui pembinaan dan kejuaraan tersebut menjadi bagian dari pembinaan yang dilakukan Pemprov Kaltim.

Piala Gubernur Kaltim 2023 ini juga sebagai persiapan Kaltim menghadapi PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024, apalagi sepak bola wanita Kaltim telah lolos Pra-PON.

Ia menyatakan di Kaltim terdapat banyak klub sepak bola wanita yang tersebar di kabupaten/kota seperti di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Timur, dan Kabupaten Paser, sehingga klub didorong untuk ikut serta dalam kejuaraan tersebut.

“Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim ini digelar untuk pertama kalinya. Selama ini memang sudah ada piala gubernur, tapi bukan untuk wanita. Kejuaraan ini merupakan ajang untuk memotivasi pesepak bola wanita untuk terus meningkatkan prestasi,” kata Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim Masturi Akbar Tapipullah.