Bradley Cooper rias wajah selama 5 jam untuk perankan Leonard Bernstein

id Bradley Cooper ,Leonard Bernstein

Bradley Cooper rias wajah selama 5 jam untuk perankan Leonard Bernstein

Poster film "Maestro" yang dibintangi Bradley Cooper. (ANTARA/Instagram.com @maestrofilm)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Bradley Cooper kembali menunjukkan totalitasnya dengan merias wajah prostetik selama lima jam dan melakukan riset untuk memerankan karakter maestro legendaris asal Amerika Serikat Leonard Bernstein. 
 
People, Kamis (23/11) waktu setempat, melaporkan Cooper berusaha keras untuk menyerupai jenius musik terkenal bernama Leonard Bernstein di proyek film “Maestro”. Bahkan, anak kandung Bernstein pun terkesima akan kemiripan Cooper saat memerankan ayah mereka.
 
“Kami tidak menyangka bahwa Bradley memiliki tingkat intensitas dan komitmen seperti ini terhadap suatu hal ketika dia sudah menguasainya,” kata salah satu anak Bernstein, Jamie Bernstein.
 
Dia menambahkan, “Bahkan ada momen-momen tertentu dalam genggamannya. Filmnya, ketika dia sedang bergerak, di mana dia terlihat sangat mirip dengan ayah kami, itu membuat kami terkesiap,” katanya.

Baca juga: Bradley Cooper habiskan waktu enam tahun dalami peran film "Maestro"
 
Cooper juga bekerja sama dengan ahli efek tata rias Kazu Hiro untuk bertransformasi menjadi Bernstein, sang mantan konduktor dan direktur musik New York Philharmonic. Di film ini, Hiro merancang empat set prostetik dan dua bodysuit untuk memperlihatkan saat Bernstein mengawali kariernya pada tahun 1943 hingga usia 70-an (Bernstein meninggal pada usia 72 tahun pada tahun 1990).
 
"Secara keseluruhan, saya membuat 137 buah, mulai dari kecil hingga besar. Transparansi Bradley dan upaya tanpa henti untuk mencapai kesempurnaan sungguh menakjubkan,” kata Hiro.
 
Menariknya, agar suara Cooper dapat meniru suara Bernstein yang lebih sengau, Hiro membuat penutup hidung untuk dikenakan Cooper. Penutup hidung ini berguna untuk mengubah intonasi dan bentuk hidungnya.
 
Sayangnya, Cooper sempat mendapat kritikan karena penggunaan hidung palsu untuk memerankan karakter Bernstein. Meski demikian, anak-anak Bernstein dengan cepat mengeluarkan pernyataan bahwa mereka baik-baik saja dengan riasan prostetik ini.
 
"Ayah kami akan baik-baik saja,” kata mereka saat itu.

Baca juga: Bradley Cooper akan bintangi film baru Paul Thomas Anderson
 
Cooper, yang ikut terlibat dalam menulis naskah dan menyutradarai “Maestro” ini juga meminta bantuan desainer kostum pemenang Oscar, yakni Mark Bridges untuk melengkapi karakternya di kehidupan nyata.
 
Bridges membuat sejumlah penampilan untuk Cooper saat memerankan Bernstein, mulai dari setelan double-breasted hingga turtleneck. Bridges juga membuat ulang pakaian yang mirip dengan foto Bernstein di masa lalu.
 
"Dia terlihat sangat buruk, dan jika berhasil jangan diperbaiki," canda Bridges saat itu.
 
Sepanjang proses panjang pembuatan film, Cooper terus berhubungan dengan anak-anak Bernstein, yakni Jamie, Alexander, dan Nina. Hal ini dilakukan untuk memastikan Cooper berada di jalur yang tepat agar tingkah lakunya saat syuting sesuai dengan penggambaran ayah mereka yang asli.
 
“Dia sangat berhati terbuka. Kami akhirnya merasa bisa memercayainya,” kata Jamie, anak sulung Bernstein.
 
Sementara itu, film “Maestro” yang dibintangi Bradley Cooper dan Carey Mulligan akan tayang perdana di bioskop tertentu di Amerika Serikat serta dapat ditonton di layanan berbayar Netflix pada 20 Desember 2023.