Plh Sekda ajak masyarakat jadikan Kobar sebagai pusat unggulan pertanian

id pemkab kobar, kotawaringin barat, juara peda ktna, pekan daerah, petani nelayan andalan, pangkalan bun, kobar

Plh Sekda ajak masyarakat jadikan Kobar sebagai pusat unggulan pertanian

Perwakilan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima piala penghargaan yang diserahkan Pj Bupati Sukamara pada penutupan Peda KTNA XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (24/11/2023). (ANTARA/HO-Distan Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Harian Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Juni Gultom mengajak masyarakat khususnya petani untuk menjadikan kabupaten setempat sebagai pusat unggulan pertanian.
 
"Mari kita berkerja sama dan bahu-membahu meningkatkan produktivitas, baik secara intensifikasi atau ekstensifikasi melalui mekanisme dan pertanian modern berkelanjutan, menjadikan kabupaten tercinta kita ini sebagai pusat unggulan pertanian di Indonesia," kata Juni Gultom di Pangkalan Bun, Senin.
 
Hal tersebut disampaikannya menanggapi keikutsertaan Kotawaringin Barat (Kobar) pada Pekan Daerah (PEDA) Kontak Petani Nelayan (KTNA) XIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2023 dan berhasil meraih juara umum.

Baca juga: Pj Bupati: Juara Umum MTQH Kalteng jadi motivasi Kobar tingkatkan keimanan
 
Peda KTNA menjadi sarana penghubung antar kabupaten, yakni para petani bisa saling bertukar informasi mengenai teknologi serta berdiskusi bersama dalam memajukan pertanian.
 
"Selamat dan sukses untuk masyarakat Kobar yang telah meraih juara umum pada Peda KTNA XIII Kalteng," ucapnya.

Baca juga: Kotawaringin Barat sukses selenggarakan MTQH tingkat provinsi
 
Ke depan, diharapkan juga generasi muda di Kobar untuk terjun ke sektor pertanian. Keterlibatan kaum milenial dalam pembangunan dari sektor pertanian sangat diharapkan, guna meregenerasi dan mewujudkan pertanian berkelanjutan.
 
Pada kegiatan Peda KTNA XIII tersebut, Kobar berhasil memenangkan sejumlah lomba, antara lain lomba memilih jenis kelamin ikan lele, lomba memilih jenis kelamin DOD, lomba merangkai buah dan sayur, hingga lomba karya penyuluh.

Baca juga: Masyarakat bantaran Sungai Arut digegerkan kemunculan buaya membawa anak kecil

Baca juga: Penjabat Bupati sebut pelaksanaan MTQH XXXI berlangsung sukses dan semarak

Baca juga: Sejumlah kegiatan siap meriahkan HUT Korpri di Kobar