Berikut jumlah caleg serta dapil dalam Pileg Bartim

id kpu bartim, pileg bartim, pemilu 2024, tamiang layang, bartim, barito timur

Berikut jumlah caleg serta dapil dalam Pileg Bartim

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Barito Timur, Zarmiyeni. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, Zarmiyeni menyampaikan sebanyak 298 calon legislatif (caleg) telah resmi ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) di daerah setempat.
 
“Mereka bersaing untuk 25 kursi parlemen dengan total 81.100 suara yang akan diperebutkan,” kata Zarmiyeni dihubungi di Tamiang Layang, Rabu.
 
Dia menjelaskan calon legislatif sebanyak 298 orang itu bersaing di tiga daerah pemilihan (dapil). Dapil Barito Timur I meliputi Kecamatan Banua Lima, Dusun Timur dan Patangkep Tutui dengan jumlah alokasi kursi parlemen sebanyak sembilan kursi.

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta masyarakat jaga kebersihan cegah DBD
 
Sedangkan di Dapil Barito Timur II terdiri dari Kecamatan Awang, Paku, Paju Epat dan Karusen Janang dengan dengan alokasi enam kursi parlemen. Dan di Dapil Barito Timur III yakni Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah dengan alokasi 10 kursi parlemen.
 
Dengan banyaknya jumlah calon legislatif tersebut, diharap pemilih juga semakin antusias dan aktif dalam proses demokrasi. KPU Bartim telah menetapkan berbagai aturan dan mekanisme yang diharapkan dapat menjaga transparansi serta keadilan selama proses pemilihan.

Baca juga: BRI Peduli dukung pengoptimalan layanan RSUD Tamiang Layang, beri bantuan 20 unit purifier
 
Proses kampanye pun diharap menjadi wadah bagi calon legislatif untuk secara aktif berinteraksi dengan masyarakat, menyampaikan visi dan misi, serta menjelaskan program-program yang dijalankan jika terpilih.
 
Masyarakat Bartim pun diharap dapat mengikuti dengan cermat dan bijak, serta memberikan suara sesuai dengan keyakinan dan aspirasi masing-masing.

Baca juga: Bartim dinyatakan KLB DBD


Baca juga: Pengrajin rotan di Bartim dilatih keterampilan anyaman dan pengembangan usaha


Baca juga: Sebanyak 1.116 pelamar ikuti tes CAT seleksi PPPK Formasi 2023