Pemkab Mura tingkatkan upaya pencegahan pernikahan dini

id DP3APPKB Mura tingkatkan upaya pencegahan pernikahan dini, kalteng, mura, murung raya

Pemkab Mura tingkatkan upaya pencegahan pernikahan dini

Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak Usia Dini 2023 di Aula Cahai Ondhui Tingang (Gedung B) Kantor Bupati Murung Raya di Puruk Cahu, Senin (4/12/2023). ANTARA/Diskominfo

Puruk Cahu (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah difasilitasi DP3APPKB Kabupaten Murung Raya (Mura) melaksanakan sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak Usia Dini 2023 di Aula Cahai Ondhui Tingang (Gedung B) Kantor Bupati Murung Raya.

 Pernikahan anak usia dini ini adalah masalah yang merusak bagi masa depan anak-anak, kata Penjabat Bupati Murung Raya yang diwakilkan oleh Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya, Batara memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Senin.

“Ketika anak-anak menikah pada usia yang terlalu muda mereka kehilangan hak untuk memperoleh pendidikan, dari segi kesehatan juga akan beresiko tinggi terjadinya keguguran dan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga oleh karena itu harapan kami dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan edukasi sejak dini dan menjadikan generasi berkualitas kedepannya,” katanya.

Baca juga: Penjabat Bupati Murung Raya hadiri perayaan Natal bersama warga Dusmala

Kepala DP3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Yuyun Wahyudi membacakan laporan sekaligus menjadi narasumber kegiatan tersebut.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan pencegahan perkawinan usia anak tahun 2023, pertama untuk meningkatkan pengetahuan umum peserta tentang pentingnya pencegahan perkawinan anak yang dikaitkan dengan penurunan stunting di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Murung Raya.

Tujuan yang kedua yakni meningkatkan partisipasi peserta untuk mempromosikan dan memahami serta meningkatkan kemitraan dan kerja sama dalam menanggulangi pencegahan perkawinan usia anak.

“Adapun hasil yang diharapkan dapat memberikan edukasi dan informasi yang bermanfaat bagi peserta mengenai pentingnya pencegahan perkawinan usia anak dampak dan pengaruhnya terhadap peningkatan stunting di Kabupaten Murung Raya,” demikian Yuyun.

Baca juga: Dispursip Murung Raya lakukan pemusnahan arsip perdana

Baca juga: Dewan minta Pemkab Murung Raya berkolaborasi tingkatkan potensi wisata

Baca juga: Sebanyak 38 tim tingkat pelajar ikuti Turnamen Futsal KNPI Murung Raya