Polda Kalteng ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

id Polda Kalteng,Pemilu 2024,Kombes Pol Erlan Munaji,Palangka Raya,Kalteng

Polda Kalteng ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

Kabid Humas Podal Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah mengajak masyarakat di provinsi itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan kamtibmas di provinsi setempat saat ini masih kondusif meskipun tahapan pemilu yakni kampanye sudah dilaksanakan sejak 28 November 2024 lalu. 

"Kamtibmas harus kita pelihara, apabila kamtibmas berjalan dengan baik maka tentunya roda perekonomian serta aktivitas masyarakat berjalan dengan baik pula," kata Erlan.

Dia menuturkan, meskipun pihaknya fokus dalam pengamanan pemilu namun kepolisian juga tetap melayani pelayanan lainnya sehingga masyarakat benar-benar nyaman dan nyaman selama beraktivitas sehari-hari.

Kendatipun ada gangguan kamtibmas, masyarakat diminta agar tidak terprovokasi dengan adanya isu-isu yang berkembang sehingga bisa membuat gaduh iklim kamtibmas di daerah.

"Kalau ada gangguan masyarakat jangan mudah terprovokasi, kalau ada masalah mari selesaikan masalah dengan duduk serta musyawarah sehingga menghasilkan solusi. Kalau dengan melakukan perbuatan melawan sikap anarkis serta lainnya, tentunya bisa melanggar hukum dan bisa merugikan orang itu sendiri nantinya," bebernya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menambahkan, sampai saat ini situasi dan kondusif di wilayah hukum Polda Kalteng tidak ada gangguan yang sangat menonjol.

Hanya saja Polres jajaran juga diingatkan untuk tetap mewaspadai munculnya gangguan kamtibmas yang bisa merusak kamtibmas yang telah dipelihara selama ini.

"Polres jajaran di Kalteng juga terus mensosialisasikan terkait kamtibmas tersebut. Bahkan jam patroli dan titik-titik yang rawan tindak kejahatan juga terus dilakukan pemantauan oleh personel kepolisian sehari-hari," demikian Erlan Munaji.