Pj Bupati Kobar serahkan penganugerahan SAKIP Award 2023

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pj Bupati Kobar serahkan penganugerahan SAKIP Award 2023

Pj Bupati Kobar saat menyerahkan penganugerahan SAKIP 2023 di Pangkalan Bun, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa turut menghadiri penyerahan hasil evaluasi AKIP (Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), sekaligus menyerahkan penganugerahan SAKIP Award 2023.

"Ini diselenggarakan sebagai implementasi amanat Permenpan Nomor 88 Tahun 2021 tentang evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Selasa.

Budi mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk menilai pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

"Evaluasi ini mencakup seluruh komponen manajemen kinerja, termasuk perencanaan, pengukuran, pelaporan, dan evaluasi akuntabilitas kinerja internal," ucapnya.

Lanjutnya, Hal ini merupakan sebuah sistem di mana setiap unsur saling terkait, dengan keberhasilan yang tidak hanya ditentukan oleh satu bagian organisasi atau instansi tertentu, melainkan juga oleh komitmen tinggi dari seluruh komponen Pemkab Kobar. 

Dia menyebutkan, perolehan nilai SAKIP untuk masing-masing perangkat daerah di tahun 2023, yaitu dimulai dengan nilai A yang terdiri dari 8 perangkat daerah dengan persentase 21,62%.

Perangkat daerah dengan nilai BB, terdiri dari 9 perangkat daerah dengan presentasi 24,32%, perangkat daerah dengan nilai B, terdiri dari 12 perangkat daerah dengan persentase 32,43%, perangkat daerah dengan nilai CC, terdiri dari 7 perangkat daerah dengan persentase 18,92%, sedangkan perangkat daerah dengan nilai C, terdiri dari 1 perangkat daerah dengan persentase 2,70%.

Baca juga: Pj Bupati: Berikan rasa aman bagi masyarakat Kobar

Pada acara tersebut diserahkan juga penganugerahan SAKIP Award 2023, kepada perangkat daerah yang masuk pada perolehan nilai SAKIP 2023 oleh Pj Bupati Kobar Budi Santosa.

Tidak hanya itu, dirinya juga menyampaikan pesan kepada para kepala perangkat daerah dan jajarannya terutama yang nilai SAKIP-nya mengalami penurunan tahun ini. 

"Saya ingin bagian perangkat daerah yang mengalami penurunan, untuk segera melakukan perbaikan dan mengambil langkah-langkah korektif guna meningkatkan nilai capaian SAKIP pada tahun 2024," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Sebanyak 36 Kades terpilih dan lima PAW di Kobar resmi dilantik

Baca juga: Pemkab Kobar ajak masyarakat sukseskan pemilu

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar minta pembinaan atlet usia dini ditingkatkan