Kenali tanda-tanda masalah kesehatan serius dari hilangnya nafsu makan

id nafsu makan, masalah kesehatan serius,tanda-tanda

Kenali tanda-tanda masalah kesehatan serius dari hilangnya nafsu makan

Ilustrasi tidak nafsu makan (ANTARA/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta (ANTARA) -
Nafsu makan yang baik dianggap sebagai tanda kesejahteraan jadi wajar jika Anda merasa khawatir ketika tidak ingin makan selama berhari-hari.

Berkurangnya nafsu makan juga bisa disebabkan oleh peningkatan atau penurunan tingkat aktivitas Anda atau karena peristiwa penting dalam hidup Anda atau penyakit.
 
Dikutip laman Hindustan Times, Senin, berikut alasan yang perlu diperhatikan jika Anda kehilangan nafsu makan selama beberapa waktu menurut Dokter penyakit dalam Asian Hospital Faridabad Dr Rajesh Kumar Budhiraja.
1. Tantangan gastrointestinal
 
Penurunan nafsu makan secara tiba-tiba mungkin disebabkan oleh masalah pencernaan. Kondisi seperti penyakit radang usus (IBD), maag, dan tukak lambung dapat mempengaruhi saluran pencernaan sehingga menyebabkan nyeri dan berkurangnya nafsu makan. Perhatian yang cepat terhadap masalah ini sangat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.
 
2. Kerusakan tiroid
 
Tiroid yang kurang aktif, atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Peran penting kelenjar tiroid dalam mengatur metabolisme menyebabkan ketidakseimbangan dapat mengakibatkan berbagai gejala, termasuk hilangnya nafsu makan. Diagnosis dan pengobatan yang cepat sangat penting untuk penatalaksanaan gangguan tiroid yang efektif.
 
3. Kesejahteraan mental
 
Hubungan rumit antara kesehatan mental dan kesejahteraan fisik terlihat jelas, dengan kondisi seperti depresi, kecemasan, dan stres yang bermanifestasi dalam gejala fisik, termasuk berkurangnya nafsu makan. Menyadari hubungan ini sangat penting untuk mengatasi akar permasalahan dan mencari dukungan yang tepat
 
4. Infeksi yang persisten
 
Infeksi jangka panjang, seperti TBC atau HIV/AIDS, juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Respon imun tubuh terhadap infeksi ini dapat mengganggu fungsi normal sistem pencernaan, sehingga perlunya mengidentifikasi dan mengobati infeksi yang mendasarinya dengan segera.

Baca juga: Lakukan hal berikut agar anak suka makan ikan
 
5. Waspada kanker
 
Meskipun kita disarankan untuk berhati-hati terhadap kesimpulan yang terlalu dini, hilangnya nafsu makan yang tidak dapat dijelaskan dan berkepanjangan dapat meningkatkan kekhawatiran mengenai kanker tertentu. Kanker yang mempengaruhi sistem pencernaan, seperti kanker lambung atau pankreas, mungkin muncul dengan berkurangnya minat terhadap makanan sebagai gejala awal. Pemeriksaan dan pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting untuk deteksi dini dan pengobatan kanker.
 
Dr Budhiraja mengatakan tubuh sering memberikan sinyal yang harus diperhatikan karena merupakan langkah untuk menjaga kesehatan yang optimal.
 
Memantau kesejahteraan secara keseluruhan dan mengatasi perubahan nafsu makan yang terus-menerus dengan profesional kesehatan dapat berkontribusi terhadap diagnosis dini dan pengelolaan potensi risiko kesehatan yang efektif.

Baca juga: Tips atasi anak sulit makan dari dokter spesialis anak

Baca juga: Kiat tingkatkan pengalaman bersantap

Baca juga: Kontrol nafsu makan dengan kebiasaan makan