BPBD Barito Selatan tingkatkan kapasitas TRC-PB

id Pemkab barito selatan, BPBD barsel, trc PB BPBD, buntok, barsel, barito selatan

BPBD Barito Selatan tingkatkan kapasitas TRC-PB

Kegiatan siraman dan renungan dalam pelatihan peningkatan kapasitas TRC-PB BPBD Barito Selatan di Koramil Dusun Selatan, Desa Sanggu, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB).
 
Sekretaris BPBD Barito Selatan, Aloysius Sado di Desa Sanggu, Kamis sore mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas terhadap anggota TRC-PB tersebut baru yang pertama kali dilaksanakan.
 
"Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dari 12-14 Desember diikuti 25 orang anggota TRC-PB BPBD Barito Selatan," katanya di sela penutupan pelatihan. 
 
Ia mengatakan, tempat dilaksanakannya pelatihan teori dilaksanakan di Kantor BPBD pada 12 Desember, sedangkan latihan fisik di Koramil 10 Dusun Selatan selama dua hari.
 
Dalam pelatihan ini lanjut dia, ada tujuh materi yang diberikan yakni tentang bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung paru, BHD dan RJP, materi tentang pendarahan, shock dan cedera jaringan lunak.

Baca juga: Pelajar SMAN 3 Dusun Selatan ikuti pelatihan jurnalistik
 
Kemudian materi tentang cedera alat gerak, peraturan baris berbaris, materi manajemen risiko bencana, peran TRC dan materi tambahan lainnya dalam upaya meningkatkan disiplin.
 
Sedangkan narasumber dalam pelatihan ini, dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Kelas B Palangka Raya dan anggota Kodim 1012 Buntok.
 
Bati Tata Usaha Urusan Dalam (TUUD) Koramil 10 Dusun Selatan, Pelda Suparno mengharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini, dapat terbentuk kompetensi dan jiwa korsa untuk ketahanan serta ketangguhan sumber daya manusia (SDM) pada BPBD Barito Selatan dengan sikap cepat dan tepat dalam menghadapi bencana.
 
Dalam acara penutupan tersebut, 25 orang peserta yang telah melaksanakan latihan fisik selama dua hari itu disambut oleh keluarganya masing-masing.
 
Juga dilaksanakan kegiatan renungan dan masing-masing peserta yang telah mengikuti latihan fisik tersebut dengan bersimpuh di hadapan keluarga masing-masing dan setelah itu dilanjutkan dengan siraman.

Baca juga: Pemkab Barsel raih penghargaan Smart City 2023 dari Kemenkominfo

Baca juga: RPJPD Barsel difokuskan pada lima sasaran utama pembangunan

Baca juga: Pemkab Barsel serahkan bonus atlet peraih medali Porprov XII Kalteng