Pemkab Barsel serahkan bonus atlet peraih medali Porprov XII Kalteng

id Pemkab Barsel serahkan bonus atlet peraih medaliPorprov XII Kalteng, kalteng, barsel, Barito Selatan, olahraga, porprov

Pemkab Barsel serahkan bonus atlet peraih medali Porprov XII Kalteng

Sekretaris Daerah Barsel, Eddy Purwanto dan ketua KONI Barsel berfoto bersama dengan atlet yang mendapatkan bonus. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan memberikan bonus kepada atlet setempat yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang berlangsung di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur beberapa waktu lalu.

Bonus yang diberikan ini merupakan wujud apresiasi pemerintah kabupaten kepada atlet yang telah berhasil meraih prestasi, kata Sekretaris Daerah Barito Selatan, Eddy Purwanto di Buntok, Selasa.

"Bonus yang telah diberikan tersebut merupakan salah satu bukti nyata komitmen pemerintah Kabupaten Barito Selatan dalam pengembangan olahraga di daerah ini," katanya.

Ia berharap, bonus yang diberikan tersebut dapat menjadi pemacu semangat bagi atlet Barito Selatan untuk berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semua atlet yang telah meraih prestasi pada ajang Porprov XII Kalteng beberapa waktu lalu itu merupakan murni putra dan putri Barito Selatan dan tidak ada atlet sewaan dari luar daerah.

"Prestasi yang telah diraih atlet murni asal Barito Selatan pada ajang Porprov Kalteng beberapa waktu lalu itu merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar bagi kami," ucapnya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan.

Ia mengatakan, sebagai komitmennya, pemerintah kabupaten Barito Selatan pada 2024 mendatang akan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk beberapa cabang olahraga yang berpotensi mendapatkan medali kedepannya.

Baca juga: Rifa'i berkomitmen perluas cakupan layanan Bank Kalteng Cabang Buntok

"Sarana dan prasarana yang akan dibangun tersebut diantaranya untuk cabang atletik dan panjat tebing. Kita mengharapkan hal ini dapat memacu semangat bagi atlet Barito Selatan untuk lebih berprestasi lagi," tambah Eddy Purwanto.

Dikatakannya, pemerintah kabupaten Barito Selatan juga pada anggaran tahun 2024 mendatang akan memberikan dana hibah sebesar Rp2 miliar kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Barito Selatan untuk pembinaan terhadap 38 cabang olahraga yang ada di daerah ini.

Selain itu, Eddy Purwanto juga menyampaikan, berdasarkan informasi dari Ketua KONI Barito Selatan, sebenarnya atlet Barito Selatan yang telah berhasil meraih medali perak tersebut semestinya mendapatkan medali emas.

Akan tetapi kata dia, karena diduga berhadapan dengan atlet dari Pulau Jawa yang digunakan oleh beberapa kabupaten lain dalam ajang tersebut, akhirnya sejumlah atlet asal Barito Selatan hanya bisa mendapatkan medali perak.

"Walaupun begitu, prestasi yang telah diraih atlet daerah ini, tentunya tetap menjadi kebanggaan yang sangat besar bagi kami, karena atlet yang berprestasi tersebut murni putra dan putri Barito Selatan," jelas Eddy Purwanto.

Hal itu juga diharapkan dapat menjadi perhatian dari panitia berikutnya, terutama KONI Kalteng dalam melaksanakan kegiatan porprov ke depannya, agar jangan memberikan kesempatan atau peluang bagi atlet dari luar Kalimantan Tengah berlaga di ajang porprov.

Jika menggunakan atlet dari luar, tentunya mematikan langkah, keinginan dan kesempatan bagi atlet lokal yang ingin berlaga dan berprestasi di ajang olahraga tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Sekda Barsel: MPP langkah inovatif ciptakan pelayanan efektif dan efisien

Sementara Ketua KONI Barito Selatan, Idariani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten setempat yang telah memenuhi janjinya untuk memberikan bonus bagi atlet dan pelatih berprestasi tersebut.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang telah merespon dari perolehan medali dengan mengalokasikan anggaran lebih besar lagi untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini kedepannya," ucap Idariani.

Pemerintah daerah perlu menganggarkan untuk pembenahan infrastruktur sarana dan prasarana beberapa cabang olahraga dan cabang olahraga lainnya pada tahap selanjutnya.

"Kami akan berupaya bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Barito Selatan untuk terus peningkatan prestasi olahraga di Barito Selatan ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya," kata Idariani yang juga anggota DPRD Barito Selatan itu.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga pariwisata Barito Selatan, DR Manat Simanjuntak mengatakan, total bonus yang diserahkan kepada atlet dan pelatih berprestasi tersebut sebesar Rp701.500.000.

"Untuk peraih medali emas sebanyak dua orang dan masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp30 juta, sedangkan yang mendapatkan medali perak sebanyak 11 tim dan masing-masing tim diberikan bonus Rp20 juta," jelasnya.

Untuk atlet peraih medali perunggu, sebanyak 22 tim dan masing-masing tim yang meraih medali tersebut diberikan bonus sebesar Rp15 juta.

"Bagi pelatih yang dinilai berprestasi sesuai dengan juknis sebelum berangkat Porprov beberapa waktu lalu itu sebanyak 11 orang pelatih dan masing-masing pelatih mendapatkan bonus sebesar 15 persen dari total bonus atlet pada masing-masing cabang olahraga yang meraih prestasi tersebut," demikian Manat Simanjuntak.

Baca juga: PAW anggota DPRD Barito Selatan dari PKS resmi dilantik

Baca juga: KPU Barsel gelar jalan sehat tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel dapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB