KPU Barsel gelar jalan sehat tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu

id KPU Barselgelar jalan sehat tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, kalteng, barsel, barito selatan

KPU Barsel gelar jalan sehat tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu

Kegiatan jalan sehat pemilu damai 2024 yang berlangsung di Buntok, Minggu (10/12/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan jalan sehat pemilu damai dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini merupakan sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024," kata ketua KPU Barito Selatan, Roslina di Buntok, Minggu.

Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih di Barito Selatan pada pemilu 2019 lalu mencapai 80 persen lebih dan partisipasi tersebut sudah melebihi target nasional sebesar 77 persen lebih.

"Kita berharap, melalui kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan secara serentak di Kalimantan Tengah ini, tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu 2024 mendatang bisa lebih meningkat lagi," harapnya.

Disamping dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, dalam kegiatan ini juga pihaknya memperkenalkan partai politik peserta pemilu 2024 di Barito Selatan ini.

"Untuk jumlah peserta yang mengikuti pemilu 2024 di Barito Selatan ini sebanyak 15 partai politik," ucap Roslina.

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Selatan dapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB

Sementara Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, Rahmat Nuryadin mengatakan sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan jalan sehat pemilu damai tersebut.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat di daerah ini agar menjaga kondusivitas supaya pemilu 2024 mendatang bisa berjalan dengan aman, lancar, dan sukses," kata dia.

Selain itu, Rahmat Nuryadin juga menyampaikan, dirinya sangat bersyukur, karena pada pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Barito Selatan ini mencapai 80 persen lebih.

"Kita berharap, persentase masyarakat menggunakan hak pilihnya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu 2024 mendatang bisa lebih meningkat lagi," kata dia.

Karena lanjut Rahmat Nuryadin, suksesnya pemilu 2024 nantinya juga tidak lepas dari partisipasi masyarakat yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel dapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB

Baca juga: Kejati Kalteng geledah Kantor BPKAD Barsel terkait korupsi BOK Dinkes 2020-2021

Baca juga: Komisi III DPRD Barsel apresiasi APBD 2024 meningkat signifikan