Sekda Barsel: MPP langkah inovatif ciptakan pelayanan efektif dan efisien

id Pemkab Barito Selatan, sekda barsel, eddy purwanto, mal pelayanan publik, buntok, barsel, Barito selatan

Sekda Barsel: MPP langkah inovatif ciptakan pelayanan efektif dan efisien

Sekda Barsel, Eddy Purwanto saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP), di Buntok, Senin (11/12). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Purwanto mengatakan Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan langkah inovatif untuk menciptakan lingkungan pelayanan efektif dan efisien serta ramah kepada masyarakat.
 
"MPP ini sebagai bentuk komitmen pemerintah kabupaten memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik," katanya di Buntok, Senin.
 
Ia menjelaskan, mal pelayanan publik ini juga merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.
 
"Upaya tersebut dimulai dari pembangunan gedung MPP yang saat ini masih dalam proses pembangunan fisik dan pembangunannya dilanjutkan pada tahun anggaran 2024," ucapnya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan.

Baca juga: PAW anggota DPRD Barito Selatan dari PKS resmi dilantik
 
Ia berharap, dengan adanya mal ini, dapat menjadi pusat integrasi pelayanan, sebab berbagai instansi pemerintah maupun lembaga non pemerintah yang menyelenggarakan perizinan dan non perizinan dapat bekerja sama memberikan pelayanan yang holistik dan terpadu.
 
"Pada fasilitas ini juga dapat menjadi tempat berbagai instansi pemerintah maupun lembaga non pemerintah berkumpul, serta menyediakan layanan mereka secara terpadu," tambah dia.
 
Hal itu dilakukan agar proses birokrasi bisa menjadi lebih efisien dan memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai jenis layanan tanpa harus berpindah kantor dalam mengurus suatu perizinan dan layanan publik.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Barito Selatan, Rifaltha mengatakan, karena keterbatasan tempat, pihaknya saat ini menyiapkan tempat pelayanan bagi lima dinas dan instansi.
 
"Lima dinas dan instansi tersebut yakni DPMPTSP, BPKAD, Disdukcapil, Disnaskertrans, dan BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.
 
Dengan adanya fasilitas ini kata Rifaltha, masyarakat lebih mudah dalam mengurus perizinan maupun dalam memerlukan layanan publik, sebab bisa dilakukan di satu tempat yakni MPP.
 
Acara soft launching MPP yang berlangsung di kantor DPMPTSP Barito Selatan tersebut dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di wilayah setempat.

Baca juga: KPU Barsel gelar jalan sehat tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Selatan dapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel dapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB