KPU Gunung Mas libatkan 100 petugas sortir lipat surat suara

id KPU Gunung Mas libatkan 100 petugas sortir lipat surat suara, kalteng, gumas, Gunung mas

KPU Gunung Mas libatkan 100 petugas sortir lipat surat suara

Suasana sortir dan lipat suara Pemilu 2024 di kantor KPU Kabupaten Gunung Mas di Kuala Kurun, Jumat (5/1/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melibatkan 100 orang yang ditugaskan untuk menyortir dan melipat surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami melibatkan 100 orang. Targetnya sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 ini selesai dalam waktu 10 hari ke depan,” ucap Ketua KPU Gunung Mas Elfrinst G Tumon di Kuala Kurun, Jumat.

KPU Gunung Mas sudah menerima surat suara untuk pemilihan DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, sera pemilihan presiden dan wakil presiden, dengan jumlah semuanya sebanyak 464.595 lembar surat suara.

Pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara mendapatkan pengamanan dan pengawasan secara ketat melibatkan unsur kepolisian, TNI, serta Bawaslu Gunung Mas.

Seluruh surat suara yang telah disortir selanjutnya akan didistribusikan ke setiap kecamatan, sedangkan yang terdeteksi rusak atau cacat akan dikumpulkan terlebih dahulu lalu dilaporkan ke KPU Pusat sebelum nanti diganti dengan yang baru.

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan alat olahraga kepada sejumlah Karang Taruna

Lebih lanjut, saat ini KPU Gunung Mas telah menerima berbagai logistik Pemilu 2024, antara lain kotak suara, bilik, dan beberapa lainnya. Yang masih dalam perjalanan antara lain sampul.

Saat ini, tutur dia, berbagai logistik Pemilu 2024 belum disalurkan ke kecamatan dan masih disimpan di kantor KPU Gunung Mas di Kuala Kurun.

Sementara itu, Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa menegaskan bahwa dalam pengamanan di kantor KPU kabupaten setempat pihaknya menugaskan 10 orang personel.

Khusus untuk pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, tutur dia, Polres Gunung Mas akan menambah personel lagi untuk melakukan pengamanan di kantor KPU kabupaten setempat.

“Pengamanan dilakukan 1 x 24 jam, sampai selesai. Apabila diperlukan tambahan personel maka akan dilakukan penambahan,” demikian Theodorus.

Baca juga: 1.999 peserta didik dapat bantuan program Gunung Mas Pintar 2023

Baca juga: Pemkab Gumas gelontorkan Rp122,5 juta bantu korban bencana

Baca juga: DPRD Gunung Mas berharap sinergi pembangunan semakin solid pada 2024