DPRD Gunung Mas berharap sinergi pembangunan semakin solid pada 2024

id dprd gunung mas, punding s merang, kuala kurun, gumas, gunung mas

DPRD Gunung Mas berharap sinergi pembangunan semakin solid pada 2024

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Punding S Merang (tengah) dan Yuniwa (kiri kedua), bersama Sekda Richard (kanan kedua) dan lainnya, saat menghadiri malam pisah sambut 2023-2024 di Kuala Kurun, Minggu (31/12/2023). (ANTARA/HO-Polres Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang berharap sinergi seluruh pihak semakin solid pada tahun 2024 ini, supaya roda pembangunan kembali berjalan lancar seperti tahun lalu.
 
“Pada 2023 lalu pembangunan di Gunung Mas saya nilai berjalan dengan baik di berbagai bidang. Itu tentunya tak lepas dari sinergisitas yang solid antara kita semua,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.
 
Politisi Partai Golkar ini mencontohkan, layanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah masuk di sejumlah desa di wilayah Gunung Mas pada 2023, antara lain di Desa Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan, Kecamatan Rungan Hulu.
 
Sebenarnya PLN menjadwalkan pembangunan jaringan listrik di Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan pada 2024. Namun pada 2022 Bupati Gunung Mas Jaya S Monong meminta agar jaringan di tiga desa tadi segera dibangun.
 
“Puji Tuhan pada 2023 layanan PLN sudah bisa dinikmati masyarakat Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan. Percepatan tersebut dapat tercapai berkat dukungan dari seluruh pihak, termasuk masyarakat,” paparnya.

Baca juga: Bupati Gumas paparkan capaian kinerja selama menjabat 4 tahun 7 bulan
 
Pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu ini menjelaskan, dukungan masyarakat salah satunya adalah dengan tidak menghambat PLN, saat PLN membersihkan pohon yang berada di jalur jaringan listrik.
 
Berkaca dari situ, dia menekankan sinergi yang baik antara seluruh pihak menentukan kelancaran pembangunan. Oleh sebab itu, diharap sinergi yang telah berjalan dengan baik pada tahun-tahun sebelumnya semakin solid pada 2024.
 
Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing memaparkan capaian kinerja selama empat tahun tujuh bulan, sejak keduanya dilantik pada 28 Mei 2019.
 
“Dalam bidang pembangunan infrastruktur antara lain yakni peningkatan jalan Desa Parempei Kecamatan Rungan-Bereng Jun Kecamatan Manuhing,” ucapnya.

Baca juga: Pemkab Gumas beri bantuan untuk korban kebakaran di Dahian Tambuk
 
Masih di bidang infrastruktur yakni peningkatan jalan Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara ke Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa, peningkatan jalan Tumbang Miri ke Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu.
 
Kemudian pembangunan pile slab menuju oprit jembatan di Desa Sepang Kota – Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang, pergantian jembatan Sei Kahat Kuala Kurun Kecamatan Kurun, dan Jembatan Sei Karungen Kecamatan Tewah.
 
Di bidang pariwisata antara lain penyusunan masterplan kawasan wisata Desa Tumbang Anoi Kecamatan Damang Batu, pengembangan objek wisata Batu Suli di Desa Upon Batu Kecamatan Tewah.
 
Lebih lanjut, masih banyak capaian yang ditorehkan selama Jaya dan Efrensia memimpin Gunung Mas. Capaian tersebut terbilang baik, mengingat keduanya sempat terkendala karena menghadapi pandemi COVID-19, sepanjang tahun 2020 hingga 2022.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah mendukung dirinya dan bupati, dalam membangun kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
“Terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi yang baik selama ini, sehingga kita dapat bersama-sama mewujudkan Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri,” demikian Efrensia.

Baca juga: Cares GKE Mihing Manasa diresmikan, diharap pelayanan semakin maksimal

Baca juga: Bupati Gumas tunggu petunjuk Mendagri terkait putusan MK