Pemkab Kotim jajaki Pulau Hanibung jadi taman satwa

id Pemkab Kotim jajaki Pulau Hanibung jadi objek wisata taman satwa, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, bupati kotim, Halikinnor

Pemkab Kotim jajaki Pulau Hanibung jadi taman satwa

Bupati Halikinnor (pakaian hitam) bersama pejabat lainnya saat meninjau Pulau Hanibung yang diwacanakan menjadi destinasi taman wisata satwa, Selasa (16/1/2024). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Keinginan Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor untuk membuat destinasi wisata baru semakin serius dengan memilih Pulau Hanibung sebagai tempat yang dinilai potensial untuk dijadikan objek wisata taman satwa. 

"Sangat strategis dan sangat representatif untuk pengembangan destinasi wisata, terutama wisata satwa. Makanya nanti kita tindak lanjuti hasil peninjauan ini berkoordinasi dengan Kementerian LHK karena domainnya di sana, yakni bagaimana kita membuat Pulau Hanibung ini menjadi destinasi wisata," kata Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Halikinnor bersama Sekretaris Daerah Halikinnor dan sejumlah pejabat terkait meninjau Pulau Hanibung. Mereka berangkat menggunakan kapal milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit. 

Peninjauan ini merupakan tindak lanjut wacana pembuatan destinasi wisata baru. Awalnya Halikinnor mewacanakan wisata memberikan makan buaya di habitat aslinya, namun kemudian wacana diperluas dengan membuat taman wisata satwa. 

Pulau Hanibung masuk wilayah hulu Desa Camba Kecamatan Kota Besi. Dari Dermaga Habaring Hurung Sampit, diperlukan waktu sekitar sekitar dua jam untuk sampai ke pulau ini. Sembari menuju lokasi, wisatawan bisa menikmati pemandangan aktivitas masyarakat di sepanjang bantaran sungai yang dilalui. 

Pulau seluas 260 hektare ini masih alami. Di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna khas Kalimantan. Untuk sementara, satwa yang sering terlihat di pulau ini yaitu orang utan, bekantan, buaya, burung tingang dan lainnya. 

Pulau Hanibung dikelilingi sungai. Selain pemandangannya yang indah, perairan pulau ini juga dikenal spot untuk memancing udang galah, ika  lais, baung dan lainnya. 

Halikinnor memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk mendata hewan dan tumbuhan yang ada di Pulau Hanibung. Selanjutnya akan dibuat rencana induk atau master plan terkait perencanaan untuk pengusulan pulau ini menjadi taman wisata satwa. 

Status kawasan Pulau Hanibung adalah APL atau areal penggunaan lain. Ini memudahkan pemerintah daerah dalam menjadikan kawasan itu taman wisata satwa. 

Baca juga: Pemkab Kotim berkomitmen tindak lanjuti rekomendasi BPK

Pulau Hanibung lebih dipilih dalam rencana pengembangan destinasi wisata satwa karena dinilai memungkinkan untuk diwujudkan. 

Sebelumnya, ada alternatif lain yaitu Sungai Lepeh yang berada di tengah sungai antara Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Pulau Hanaut. Namun untuk menjadikan Pulau Lepeh sebagai destinasi wisata, harus mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sehingga dinilai memerlukan waktu lama. 

Halikinnor mengakui, mewujudkan Pulau Hanibung menjadi taman wisata satwa juga bukan perkara mudah seperti membalik telapak tangan. Namun dia berkesimpulan prosesnya perlu segera dimulai agar nantinya bisa terwujud sesuai harapan. 

"Saya berharap ini nanti menjadi destinasi wisata bagi turis manca negara. Kalau didesain dengan bagus, Pulau Hanibung bisa menjadi "Pulau Honeymoon" untuk berbulan madu. Saya rasa lokasi yang bisa segera diwujudkan ini Pulau Hanibung. Tapi kalau Pulau Lepeh nanti bisa kita kembangkan, tentu juga akan kita kembangkan," ujar Halikinnor. 

Wacana taman wisata satwa ini juga direspons positif Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah. Instansi vertikal yang mengurusi hutan dan konservasi ini bahkan menyatakan siap mendukung sesuai dengan kewenangan yang mereka miliki. 

"BKSDA Kalteng SKW 2, khususny Pos Sampit, sangat mendukung upaya dari pemerintah daerah Kotawaringin Timur terkait rencana Taman Satwa di Pulau Hanibung. Menurut kami, ini salah satu upaya konservasi dan menjaga kelestarian satwa liar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit, Muriansyah. 

Muriansyah ikut mendampingi Bupati Halikinnor saat meninjau Pulau Hanibung. Secara umum, Muriansyah menilai pulau tersebut strategis dan potensinya untuk dijadikan taman satwa. 

Pulau Hanibung yang masih alami dinilai juga masih layak menjadi lokasi pelepasliaran satwa hasil penyelamatan oleh BKSDA seperti burung, kukang, trenggiling dan lainnya. Untuk itulah Muriansyah mengaku sudah melaporkan masalah ini kepada pimpinannya dan mendapat respons positif. 

"Dengan adanya taman satwa tersebut nantinya, kami berharap ke depannya, masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur lebih peduli terhadap kelestarian satwa liar," demikian Muriansyah. 

Baca juga: DPMPTSP Kotim terapkan pelayanan jemput bola

Baca juga: Disdik Kotim bentuk Forum Komunitas Belajar di 17 kecamatan

Baca juga: Organda Kotim didorong berinovasi tingkatkan usaha transportasi