Organda Kotim didorong berinovasi tingkatkan usaha transportasi

id Organda Kotimdidorong berinovasi tingkatkanusaha transportasi, kalteng, kotim, Kotawaringin Timur, ekonomi, Sampit, pemkab kotim, irawati, wabup kotu

Organda Kotim didorong berinovasi tingkatkan usaha transportasi

Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah periode 2023-2028, Senin (15/1/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Irawati berharap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) kabupaten setempat periode 2023-2028 yang baru dilantik, dapat menjadi pelopor dunia usaha di bidang transportasi.

“Dalam pelantikan DPC Organda Kotim ini saya berharap para pengurus bisa menjadi pelopor dunia usaha di bidang transportasi, khususnya angkutan darat sehingga arus usaha bisa lebih maksimal dengan adanya inovasi baru,” kata Irawati di Sampit, Senin. 

Pelantikan DPC Organda Kotim periode 2023-2028 dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sampit. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organda Provinsi Kalimantan Tengah, Ducun Helduk Umar. 

Acara pelantikan itu turut dihadiri oleh FKPD Kotim, Kepala Dinas Perhubungan Kotim, Kadin Kotim, perwakilan Gapki, Apindo, Pelindo,GPPI, Jasa Raharja, anggota Organda Kotim, dan lainnya. 

Irawati menuturkan, Organda bertujuan untuk membina dan mengembangkan kemampuan serta profesionalisme para anggota menuju terwujudnya dunia usaha angkutan jalan di Indonesia yang kuat, efektif, efisien, inovatif, dan berdaya saing tinggi. 

Ia berharap para pengurus Organda yang baru dilantik memiliki komitmen yang tinggi dalam berkontribusi nyata untuk ikut membangun daerah karena itu akan sangat membantu pemerintah daerah, dengan menjadi mitra strategis dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). 

“Banyak hal yang dapat digagas dan disinergikan pengurus Organda kepada pemerintah daerah untuk memberdayakan pengusaha lokal agar lebih produktif dan memiliki nilai tambah kedepannya,” ucapnya. 

Tiga hal pokok yang diharapkan Pemkab Kotim agar dapat digali oleh pengurus Organda yang baru antara lain, optimalisasi pengawasan BBM bersubsidi bagi anggota Organda dan masyarakat umum agar tepat sasaran. 

Selanjutnya, Organda dapat berinisiasi bersama pemangku kepentingan untuk penetapan tarif standar upah angkutan dalam dan luar kota, Organda dapat ikut serta dalam pengendalian inflasi di Kotim.

Baca juga: Pengurus Organda Kotim siap dilantik

Ketua DPD Organda Kalteng, Ducun Helduk Umar berpesan agar DPC Organda Kotim bisa mengayomi seluruh anggotanya dengan baik. 

Ia juga mengingatkan bahwa di Kotim ada dua organisasi angkutan, yakni Organda dan Organisasi Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel), sehingga diharapkan agar jangan sampai terjadi perselisihan antar sesama anggota.

“Dari dulu dua organisasi ini memang sering bertentangan, tapi saya ingin ke depannya mereka berdua ini bisa akur melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik, membina anggota masing-masing tanpa ada perselisihan,” pesannya. 

Ducun juga mengingatkan agar pengurus Organda Kotim yang baru dilantik dapat mematuhi aturan, terutama terkait anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD ART), karena AD ART ibarat Undang-Undang dalam suatu organisasi, sekali terjadi pelanggaran maka tindakan tegas harus diambil. 

Sementara itu, Ketua DPC Organda Kotim Budi Haryono menyampaikan langkah pertama yang akan mereka lakukan setelah pelantikan adalah berbenah. 

Ia bersama anggota pengurus dan pemangku kepentingan akan melaksanakan sidang pleno pertama untuk merumuskan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam 100 hari pertama masa kepengurusan mereka, dilanjutkan dengan rencana jangka menengah dan jangka panjang. 

“Selain itu, kami akan melakukan pemetaan terkait masalah angkutan yang ada di Sampit. Apa yang dirasakan oleh para anggota dan bagaimana sejarah serta keluhan-keluhan mereka,” ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Budi berharap dukungan dan sinergisitas dari pemerintah daerah agar anggota Organda bisa menjalankan dan mengembangkan usahanya. 

Sebaliknya, Organda akan berusaha sebaik mungkin membantu pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi hingga peningkatan PAD.

Baca juga: KPU Kotim imbau masyarakat waspadai penipuan modus aplikasi PPS Pemilu 2024

Baca juga: Disdamkarmat Kotim lakukan 536 penyelamatan selama 2023

Baca juga: Kotim kini mampu hasilkan durian termahal