Pemkab Mura terus upayakan kemandirian pangan sektor perikanan

id Pemkab Mura terus upayakan kemandirian pangan sektor perikanan, kalteng, mura, murung raya, Hermon

Pemkab Mura terus upayakan kemandirian pangan sektor perikanan

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon didampingi Penjabat Sekda Murung Raya, Rudie Roy saat panen ikan mas di keramba binaan pemda setempat di Desa Bahitom Kecamatan Murung, Minggu (5/5/2024). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Penjabat Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon melakukan panen ikan mas keramba secara simbolis milik kelompok tani Citra Rasa Desa Bahitom Kecamatan Murung yang merupakan hibah dari pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertaninan dan Perikanan (Distanik) setempat.

“Kami selaku pemerintah daerah menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada Kelompok tani citra rasa yang telah berkontribusi dalam meningkatkan produksi perikanan lewat budi daya ikan mas dalam keramba," kata Hermon di Puruk Cahu, Minggu.

Melalui kegiatan itu Hermon berharap bisa menunjukkan Kabupaten Murung Raya ke depannya dapat mencapai kemandirian pangan, salah satunya di sektor perikanan. 

Dengan panen ikan itu juga, Hermon meminta kepada peternak dapat terus semangat dalam upaya meningkatkan produksi, memberikan kontribusi dalam stabilitas harga komoditas pangan di Kabupaten Murung Raya dan pada akhirnya membantu pengendalian inflasi.

Selain itu menurut Hermon dengan berhasil program pengembangan perikanan itu nanti diharapkan dapat meningkatkan suplai komoditas pangan di pasaran wilayah kabupaten tersebut. 

Selain panen, kedatangan penjabat Bupati yang juga didampingi Penjabat Sekda Murung Raya, Rudie Roy itu juga membawa bibit ikan mas kurang lebih sebanyak 10.000 ekor yang dilepaskan ke dalam keramba kelompok tani Citra Rasa Desa Bahitom. 

Baca juga: Tanah Siang juara umum Festival Budaya Tira Tangka Balang 2024

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya, Reyzal Samat mengatakan bantuan yang telah disalurkan kepada kelompok tani citra rasa Desa Bahitom beberapa bulan lalu berupa benih ikan mas dan pakan, hari itu bisa dilakukan pemanenan berjumlah total keseluruhan kurang lebih 7 ton.

Menurutnya, budidaya ikan masih dihadapkan pada beberapa tantangan yang perlu diatasi, salah satunya seperti mahalnya harga pakan ikan. Namun kondisi ini tidak menyurutkan niat kelompok tani yang berdiri sejak Agustus 2022 ini untuk tetap menggeluti budidaya ikan keramba dan terus berkelanjutan.

"Justru karena tantangan tersebut, muncullah kreativitas kelompok tani dalam hal memanfaatkan cacing sungai sebagai alternatif protein tambahan untuk memacu pertumbuhan ikan,” kata Reyzal Samat

Ditinjau dari sisi efisiensi waktu, dijelaskan Reyzal, apabila sebelumnya petani harus menunggu kurang lebih hingga 6 bulan dalam satu siklus pemeliharaan, sedangkan dengan pemanfaatan cacing sungai, waktu yang diperlukan kurang lebih sekitar 4 bulan. 

Dalam kesempatan itu juga Reyzal mengatakan tahun ini jumlah hibah bantuan ikan sebanyak 30.000 ekor, pakan kecil sebanyak 20 sak dan pakan besar 150 sak. dan masing-masing anggota kelompok tani citra rasa Desa Bahitom mendapatkan 1.500 ekor ikan dan 8,5 sak pakan.

Baca juga: Tingkatkan mutu pendidikan, Pj Bupati Mura resmikan gedung sekolah baru

Baca juga: Pemkab Mura lestarikan budaya melalui Festival Tira Tangka Balang

Baca juga: KPU Murung Raya resmi mulai laksanakan tahapan Pilkada 2024