KPU Murung Raya resmi mulai laksanakan tahapan Pilkada 2024

id kpu murung raya, pilkada 2024, pemilu 2024, puruk cahu, mura

KPU Murung Raya resmi mulai laksanakan tahapan Pilkada 2024

Peluncuran tahapan Pilkada Murung Raya 2024 yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Jalan Bhayangkara Desa Danau Usung, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2024.
 
Kegiatan yang dihadiri Asisten I Setda Murung Raya Serampang, serta dinas atau badan terkait juga bersama Forkopimda tersebut dilaksanakan di halaman kantor KPU Jalan Bhayangkara Desa Danau Usung, Kamis (2/5).
 
"Kegiatan tahapan pilkada sudah berjalan setelah keluarnya SK tanggal 22 Januari dari KPU RI dan setelah itu peluncurannya sudah dilakukan oleh Ketua KPU RI di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta pada 31 Maret," kata Ketua KPU Murung Raya, Okto Dinata.
 
Setalah rangkaian kegiatan tersebut barulah pihaknya melakukan peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya.
 
Selain itu Okto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pihak terkait atas dukungan terhadap tahapan pilkada di kabupaten setempat.
 
“Kita juga meminta bantuan semua pihak agar terlibat langsung dalam menyukseskan Pilkada 2024 ini” ucapnya.

Baca juga: Empat nama mendaftar ke PDIP maju di Pilkada Murung Raya 2024
 
Sementara itu, KPU Murung Raya sudah melakukan tahapan pembentukan badan adhoc di 10 kecamatan, yakni 6-8 Mei akan melakukan tes CAT untuk badan adhoc PPK di SMPN 1 Puruk Cahu.
 
"Dalam waktu dekat juga kita akan memasuki tahapan pencalonan perseorangan (independen) yang dimulai 5 Mei,” tambah Okto Dinata.
 
Asisten I Setda Murung Raya Serampang mengatakan Pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, sehingga di era keterbukaan seperti yang dihadapi saat ini, masyarakat serta segenap pemangku kepentingan semakin kritis.
 
Selain itu juga semakin memahami keberadaan pilkada sebagai wahana mengubah harapan kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pergantian kepala daerah.
 
Berkaca dari penyelenggaraan pilpres dan pileg pada Februari 2024 yang berjalan dengan baik dan kondusif, Serampang meminta agar masyarakat kembali lagi bersama-sama menjaga situasi kamtibmas.
 
Penegasan itu Ia tujukan terutama kepada Bawaslu, KPU, dan semua penyelenggara di tingkat kecamatan, desa atau kelurahan agar menjalankan tugas berproses dengan baik sesuai dengan tahapan yang ada.
 
“Kita harus melaksanakan pilkada yang damai, pilkada yang jujur, pilkada yang berintegritas, dan menolak tindakan- tindakan yang tidak terpuji, yang mencederai demokrasi, seperti menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian, politik uang dan lainnya,” jelasnya.