Pemkab Murung Raya apresiasi peran organisasi perempuan dalam pembangunan daerah

id Pemkab Murung Raya apresiasi peran organisasi perempuan dalam pembangunan daerah, kalteng, mura, murung raya

Pemkab Murung Raya apresiasi peran organisasi perempuan dalam pembangunan daerah

Potong Tumpeng pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52 dan Hari Kartini ke-145 yang dilakanakan di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Selasa (30/4/2024). ANTARA/Diskomimfo SP Murung Raya

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengapresiasi peran organisasi perempuan setempat dalam mendukung pembangunan di daerah ini.

"Peran dan posisi strategisnya sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif, yang secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah, melalui pembangunan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan Perempuan," kata Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon di Puruk Cahu, Selasa.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52 dan Hari Kartini ke-145 tingkat Kabupaten Murung Raya di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu.

Hermon dalam sambutan  mengatakan, peran PKK dan organisasi wanita lainnya merupakan modal sosial bagi bangsa Indonesia untuk mendukung program pembangunan. 

Menghadapi dinamika pembangunan di Kabupaten Murung Raya sebagaimana yang dialami saat ini, Hermon menganggap saat ini tengah dihadapkan dengan tantangan isu penurunan stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi. 

"Saya sangat berharap agar Tim Penggerak PKK kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa, Dharma Wanita dan Organisasi Wanita lainnya saling berpegang tangan, bahu membahu bekerja sama dalam menghadapi tantangan ini," harap Hermon. 

Dalam rangka meningkatkan kualitas perempuan dalam pembangunan, Hermon mengatakan kaum perempuan perlu perlu diberikan pelatihan-pelatihan keterampilan, bimbingan dan pembinaan.

Baca juga: Jambi Tuah ditunjuk jadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Mura

"Serta ikut serta dalam sosialisasi  dan pembekalan kepada orangtua tentang pola asuh balita dan remaja, membantu pemenuhan gizi bagi anak dari keluarga yang kurang mampu dan merangkul remaja agar menghindari pernikahan di usia anak," kata Hermon lagi. 

Terkait peringatan Hari Kartini yang ke-154, sambungnya, saat ini dunia mengenal Kartini selaku sosok fenomenal dan kontroversial di zamannya. Masa itu, perempuan hanya diperlakukan sebagai pihak minoritas, tidak dipandang penting perannya dan selalu dibiarkan dalam keterbelakangan.

"Saya percaya kehadiran organisasi wanita Murung Raya akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah," kata Hermon. 

Sementara itu Ketua TP PKK Murung Raya, Melsi Hermon menyebut, Gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat. 

Hal ini sejalan dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah. 

"Melalui sinergi dengan pemerintah, PKK dapat mendukung program-program pemerintah dan pemerintah daerah hingga ke tingkat keluarga, meningkatkan kesejahteraan, dan memberdayakan perempuan. Dengan melibatkan peran TP PKK, program-program pemerintah di tingkat daerah dapat lebih terpadu dan efektif," demikian Melsi. 

Baca juga: Warga Muara Tuhup datangi DPRD sampaikan tiga keluhan

Baca juga: Pj Bupati komitmen jadikan Puruk Cahu sebagai pusat pertanian padi Gogo

Baca juga: Legislator Murung Raya sebut nonton bareng pertandingan timnas memperkuat nasionalisme