Jamaah calon haji Barito Utara berangkat 15 Mei ke Madinah

id haji barito utara,jamaah calon haji,haji 2024,kloter 03,embarkasi banjarmasin,barito utara,kalteng

Jamaah calon haji Barito Utara berangkat 15 Mei ke Madinah

Ilustrasi - Para jamaah haji Embarkasi Banjarmasin saat berangkat haji melalui Bandara Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada 2023 lalu. (ANTARA/HO-Kemenag Kalsel)

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 143 orang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Banjarmasin 03 dijadwalkan berangkat ke Madinah, Arab Saudi pada 15 Mei 2024.

"Tahun ini JCH asal Barito Utara tergabung dalam kloter 03 yang berangkat dari Bandara Syamsudin Noor Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ke Madinah pada Rabu (15/5) pukul 04.50 WITA," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Barito Utara Alianor di Muara Teweh, Senin. 

Menurut dia, JCH Barito Utara ini bergabung dengan calon haji dari Kabupaten Kabupaten Kapuas bersama petugas haji daerah dan petugas kloter dengan jumlah 320 orang.

JCH Barito Utara ini, kata dia, akan dilepas Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis di halaman kantor bupati setempat pada Senin (13/5) siang menuju Embarkasi Banjarmasin menggunakan transportasi jalan darat menggunakan empat unit bus pulang pergi yang dicarter dan makan dibantu pemerintah daerah.

"Dijadwalkan para jamaah calon haji masuk asrama haji di Banjarbaru, pada 14 Mei 2024 pukul 07.00 WITA dan ke esok harinya Rabu (15/5) berangkat dan rencananya tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pada tanggal yang sama jam 12.15 WAS," katanya.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara Almubasir mengatakan bahwa jamaah calon haji Barito Utara 143 meliputi urut porsi sebanyak 104 orang, prioritas lanjut usia (lansia) lima orang, cadangan 24 orang, penyatuan delapan orang dan mutasi dua orang. 

Jamaah calon haji diminta dapat mandiri dalam melaksanakan ibadah haji, baik secara mandiri, regu maupun rombongan. 

"Para jamaah calon haji juga diminta mempunyai kesiapan dalam menunaikan ibadah haji baik mental, fisik, kesehatan maupun petunjuk ibadah haji yang lainnya,” ucap Almubasir.