DP3AP2KB Kobar raih lima penghargaan selama 2023

id DP3AP2KB Kobar raih lima penghargaan selama 2023, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

DP3AP2KB Kobar raih lima penghargaan selama 2023

Dokumentasi - Penerimaan penghargaan Dinas DP3AP2KB Kabupaten Kobar di tahun 2023. ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah selama 2023 lalu berhasil meraih lima penghargaan di tingkat provinsi hingga nasional.

Penghargaan tersebut yaitu dua penghargaan di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan tiga penghargaan tingkat nasional di tahun 2023, kata Kepala DP3AP2KB Agus Basrawiyanta di Pangkalan Bun, Selasa.

"Semua berkat kerjasama yang baik antara Dinas P3AP2KB dengan stake holder terkait. Sehingga kita dapat menyabet sejumlah penghargaan," ujarnya. 

Agus menyebutkan, penghargaan yang diterima di tahun 2023 oleh P3APPKB Kobar, terdiri dari Penghargaan Parahita Ekapraya kategori Pratama tingkat nasional. 

"Se-Kalteng ini yang dapat hanya tiga daerah, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Pulang Pisau," bebernya.

Baca juga: Pj Bupati Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir

Dia menambahkan, Kobar juga mendapatkan penghargaan Sertifikat Nasional Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) tingkat nasional. Ini meningkat dari yang sebelumnya Ruang Bermain Anak (RBA) saja.

"Ini adalah meningkatkan pelayanan agar anak dapat nyaman bermain, dan mendapatkan edukasi serta sebagai syarat penunjang sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA)," ungkapnya.

Dia menyampaikan bahwa di tahun 2023, Pemkab Kobar juga berhasil meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya tingkat Nasional.

"Kami berharap, di tahun 2024 ini mampu mempertahankannya dan meningkatkannya. Seperti dari KLA kategori Madya, naik menjadi Nindya," ucapnya.

Agus menambahkan, dalam meningkatkan pencapaian di tahun 2024, tentunya perlu dukungan dari semua pihak, salah satunya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar, yaitu mewujudkan sekolah ramah anak atau satuan pendidikan ramah anak dan mewujudkan Puskesmas Ramah Anak di Kobar. 

Baca juga: Dinkes lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal Kobar

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan peran zakat kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial

Baca juga: Sejumlah jalan dan rumah warga di Kobar terendam banjir akibat curah hujan tinggi