Pj Bupati Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir

id pemkab kobar, pj bupati kobar, budi santosa, cuaca ekstrem kobar, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat, banjir kobar

Pj Bupati Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir

Pj Bupati Kobar beberapa waktu lalu saat monitoring langsung ke lokasi terdampak banjir, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/HO-Prokom Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Budi Santosa mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi banjir.
 
Budi di Pangkalan Bun, Senin, memberikan instruksi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk selalu siaga serta siap membantu masyarakat apabila terjadi bencana banjir.
 
"Kami telah mengintruksikan kepada seluruh perangkat daerah terkait, terutama BPBD dan Damkar, untuk selalu berada di garis terdepan dalam memberikan bantuan dan penanganan apabila masyarakat menghadapi bencana banjir," tegasnya.
 
Dia menekankan kecepatan dan keterlibatan mereka sangat diperlukan dalam situasi darurat seperti ini. Pemerintah daerah senantiasa berperan aktif dalam membantu masyarakat yang terdampak.

Baca juga: Dinkes lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji asal Kobar
 
Hal tersebut disampaikannya, karena beberapa hari ini curah hujan yang cukup tinggi mengguyur kota Pangkalan Bun, sehingga menyebabkan beberapa wilayah terdampak luapan air atau banjir.
 
Tak hanya itu, Budi beberapa waktu lalu juga melakukan monitoring langsung ke lokasi, atau ke rumah warga yang terdampak genangan air akibat curah hujan tinggi.
 
Selain mengajak masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir, dirinya juga mengingatkan masyarakat mengambil langkah-langkah pencegahan.
 
Terutama, pentingnya mengontrol instalasi listrik di rumah-rumah, maupun berbagai hal lain yang menyebabkan risiko serius bagi keselamatan dan harta benda masyarakat.
 
"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kotawaringin Barat agar senantiasa waspada, dan bersama-sama menjaga lingkungannya," tuturnya.
 
Hal tersebut disampaikan Budi sebagai langkah preventif untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.
 
"Dalam hal ini saya berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan bersama di tengah kondisi cuaca ekstrem ini," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan peran zakat kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial

Baca juga: Sejumlah jalan dan rumah warga di Kobar terendam banjir akibat curah hujan tinggi

Baca juga: Pacu perekonomian daerah, Pemkab Kobar tingkatkan pembangunan pariwisata