Datangkan David Klein, APAVMI Kalteng pacu peningkatan sdm pengelola audio video

id pemprov kalteng, sekda kalteng, nuryakin, apavmi kalteng, david klein, audio kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Datangkan David Klein, APAVMI Kalteng pacu peningkatan sdm pengelola audio video

Pembukaan seminar audio DPD APAVMI Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu, (17/1/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendukung DPD Asosiasi Penggiat Audio Visual dan Musik Indonesia (APAVMI) setempat melaksanakan seminar meningkatkan kualitas sumber daya manusia (sdm) pengelola audio video guna mencegah ketertinggalan di tengah pesatnya perkembangan zaman.
 
Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Rabu, mengatakan kegiatan yang digagas APAVMI memberi manfaat, tak hanya bagi sdm pengelola audio video di lingkup pemerintahan, tetapi juga swasta maupun masyarakat pada umumnya.
 
"Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat di era globalisasi saat ini, membuat kita harus mampu menyesuaikan diri apabila tidak ingin tertinggal. Ketertinggalan dapat diatasi ataupun diantisipasi, dengan mengikuti maupun mempelajari teknologi yang digunakan," jelasnya.
 
Menurutnya audio video merupakan teknologi yang sering ditemui maupun digunakan, sehingga perlu dipahami dengan baik cara penggunaannya. Apalagi seminar ini menghadirkan sosok Bapak Pendidikan Audio Indonesia yakni David Klein Karnadi.
 
"Pelatihan ini sangatlah strategis, sangat dibutuhkan semua petugas atau operator audio video sistem yang ada di setiap dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah agar lebih optimal dalam mengelola audio video sistem pada semua acara resmi dan kedinasan," tegasnya.

Baca juga: Dislutkan Kalteng-ITB bersiap optimalkan teknologi dan sistem dukung pengembangan kelautan perikanan
 
Urgensi pelatihan ini juga membahas tentang mengatur perangkat audio mixer dengan tepat dan benar, serta turtorial live streaming menggunakan zoom meeting atau google meet.
 
Nuryakin mengatakan selain memberi pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan audio, kegiatan ini juga diharap membahas standarisasi keamanan perangkat elektronik untuk kegiatan resmi kedinasan, serta standarisasi sdm yang menangani kegiatan tersebut.
 
Ketua DPD APAVMI Kalimantan Tengah Ida Mustika mengatakan, dalam kegiatan ini dilaksanakan pemberian materi dari narasumber, praktik, serta ujian.
 
"Melalui giat ini APAVMI Kalimantan Tengah berupaya terus memacu peningkatan kualitas sdm pengelola audio visual di daerah setempat, sehingga diharap berdampak positif pada peningkatan nilai secara bisnis di lapangan," jelasnya.
 
Peserta seminar audio yang menghadirkan David Klein ini diikuti dari berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, bahkan sejumlah daerah di Kalimantan Selatan seperti Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Kalteng siap salurkan bantuan pangan 2024 kepada 113.880 penerima

Baca juga: Pengukuhan Guru Besar gelorakan civitas akademik IAHN

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024