Pengukuhan Guru Besar gelorakan civitas akademik IAHN

id pemprov kalteng, sahli gubernur yuas elko, guru besar iahn tampung penyang, institut agama hindu negeri, palangkaraya, k

Pengukuhan Guru Besar gelorakan civitas akademik IAHN

Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Agama Hindu pada IAHN Tampung Penyang Palangka Raya Prof. Tiwi Etika di Palangka Raya, Senin (15/1/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mengatakan pengukuhan Guru Besar Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang menggelorakan semangat dan optimisme besar, terutama bagi civitas akademik.
 
"Untuk terus berupaya memajukan kualitas pendidikan, sehingga mampu berkontribusi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng yang unggul dan berdaya saing tinggi," katanya saat hadir mewakili Gubernur dalam pengukuhan di Palangka Raya, Senin.
 
Guru Besar IAHN Tampung Penyang Palangka Raya yang dikukuhkan adalah Prof. Tiwi Etika sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Agama Hindu.
 
Pengukuhan Guru Besar ini dilakukan oleh Dirjen BIMAS Hindu RI Prof. Dr. Drs. Inengah Duija. Diinformasikan, pendidikan terakhir Tiwi Etika adalah Doktor (S3) di University of Burdwan-India.
 
Sementara itu jabatan tambahannya saat ini adalah sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan di IAHN Tampung Penyang Palangka Raya.

Baca juga: Kolaborasi perkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi hingga perdesaan Kalteng
 
Lebih lanjut Yuas menekankan, untuk memajukan pembangunan daerah, SDM unggul menjadi kunci utama agar dapat mengatasi berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi.
 
"Semoga kontribusi beliau sebagai Guru Besar tidak pernah kering untuk agama, negara dan tentunya juga untuk Bumi Tambun Bungai kita, Kalimantan Tengah," ucapnya.
 
Yuas Elko menyampaikan pencapaian Guru Besar menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, karena perlu perjuangan yang tidak mudah dalam meraihnya.
 
Menurutnya tersemat tanggung jawab akademik yang semakin berat di pundak para Guru Besar, dengan integritas tinggi, menjadi teladan untuk terus produktif berkarya dan berinovasi sesuai bidang keahlian.
 
"Demi mendukung kemajuan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya dan juga kemajuan daerah," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan penajaman program prioritas pembangunan 2024

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024

Baca juga: Shrimp Estate majukan sektor kelautan perikanan di Kalimantan Tengah