Kolaborasi perkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi hingga perdesaan Kalteng

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, dpmd kalteng, bulog kalteng, ketahanan pangan, inflasi, kalteng, kalimantan tengah

Kolaborasi perkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi hingga perdesaan Kalteng

Dishanpang, DPMD dan Bulog Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan pertemuan kolaborasi perkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi, Palangka Raya, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) serta Bulog berkolaborasi dalam rangka memperkuat ketahanan pangan sekaligus pengendalian inflasi hingga wilayah perdesaan.
 
"Hari ini kami baru saja melaksanakan pertemuan untuk memperkuat kolaborasi antara satu dan lainnya melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan pada 2024," kata Kepala Dishanpang Kalimantan Tengah Riza Rahmadi di Palangka Raya, Jumat.
 
Dia menyampaikan, pihaknya mendorong agar program dan kegiatan ini salah satunya dilakukan dengan memanfaatkan Dana Desa di masing-masing pemerintah desa.
 
Hal ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 146 Tahun 2023 tentang pengalokasian Dana Desa setiap desa, di antaranya dapat dimanfaatkan untuk Program Ketahanan Pangan dan Hewani.
 
"Jadi kita bisa manfaatkan Dana Desa itu, untuk mendukung ketahanan pangan sekaligus pengendalian inflasi di Kalimantan Tengah," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan penajaman program prioritas pembangunan 2024
 
Riza menjelaskan, seperti melalui program yang mendorong pembudidayaan tanaman cabai oleh setiap warga di perdesaan sehingga dapat membantu memenuhi konsumsi di tingkat rumah tangga.
 
"Juga program dan kegiatan lain yang mendukung pemenuhan pangan bagi keluarga. Jadi manfaatnya pun bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," terangnya.
 
Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalimantan Tengah, Budi Cahyanto mengatakan, melalui kolaborasi ini pihaknya mendorong agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjadi mitra untuk menyebarluaskan beras pemerintah kepada masyarakat.
 
"BUMDes jadi salah satu sarana kita dalam membantu menyebarkan beras pemerintah kepada masyarakat, tentunya dengan harga sesuai HET. Hal ini menjadi langkah strategis agar akses pangan dengan harga murah tetap tersedia bagi masyarakat bahkan hingga di tingkat desa,".ucapnya.
 
Sementara itu, Sekretaris DPMD Ety Aprilia mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi bersama Dishanpang maupun Bulog dalam upaya penguatan ketahanan pangan serta pengendalian inflasi dengan melibatkan pemerintah desa ataupun BUMDes.
 
"Melalui berbagai program dan kegiatan bersama Dishanpang maupun Bulog nantinya, dengan mengoptimalkan peran dari masing-masing pemerintah desa maka kami optimis penguatan ketahanan pangan maupun pengendalian inflasi dapat kita wujudkan," tuturnya.

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024

Baca juga: Shrimp Estate majukan sektor kelautan perikanan di Kalimantan Tengah

Baca juga: Disperpusip Kalteng menambah 1.024 bahan pustaka baru