Optimalkan pembangunan bidang lingkungan, Pemkab Barsel tingkatkan anggaran pada DLH

id pemkab barito selatan, penjabat bupati deddy winarwan, dinas lingkungan hidup, dlh barito selatan, petugas kebersihan, buntok, barsel, barito selatan

Optimalkan pembangunan bidang lingkungan, Pemkab Barsel tingkatkan anggaran pada DLH

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan bersilaturahmi dengan jajaran DLH di Buntok, Rabu (31/1). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan memberi dukungan dalam upaya peningkatan pelayanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.
 
"Sebelumnya anggaran pada dinas ini sebesar Rp12 miliar dan pada tahun ini ditingkatkan menjadi Rp15 miliar," katanya dalam kegiatan ramah tamah bersama DLH Barito Selatan di Buntok, Rabu.
 
Dikatakannya, hal itu mengingat, tugas-tugas pada DLH ini memang sangat vital bagi masyarakat, sebab mulai dari kebersihan kota, pengelolaan limbah, pemantauan pencemaran lingkungan dan pemantauan kondisi udara serta lainnya.
 
Menurut dia, dalam ramah tamah dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak tersebut, dirinya mengharapkan kepada Kepala DLH Barito Selatan untuk melihat skala prioritas penggunaan dari anggaran tersebut.
 
"Kita pada tahun ini telah menganggarkan penambahan sarana prasarana berupa satu unit truk pengangkut sampah, sedangkan untuk alat berat buldozer akan dianggarkan pada anggaran perubahan nantinya," ucapnya.

Baca juga: KPU Barsel laksanakan simulasi pemungutan suara di Hilir Sper
 
Pada tahun sebelumnya lanjut dia, pihaknya juga sudah mengangarkan Alat Pelindung Diri (APD) terutama bagi petugas kebersihan yang membersihkan sampah dalam kota Buntok.
 
Ia menyampaikan, dalam ramah tamah tersebut, memang ada beberapa usulan yang telah disampaikan untuk dibahas di tingkat kabupaten guna peningkatan pelayanan kebersihan.
 
"Kita juga dalam kegiatan itu memberikan dukungan kepada tenaga kebersihan, karena mereka pada subuh dan malam hari melaksanakan aktivitasnya membersihkan jalan," tambah Deddy Winarwan.
 
Selain itu ia juga menilai, gaji tenaga kebersihan sudah layak dan ke depan seandainya ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan disetujui pimpinan serta anggota DPRD, pihaknya berupaya meningkatkan kesejahteraan tenaga kebersihan ini.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Selatan, Agus In'Yulius mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik penjabat bupati yang telah berkunjung.
 
"Dengan adanya kegiatan ramah tamah tersebut, kita juga bisa menyampaikan aspirasi yang menjadi keperluan kita dalam menjalankan tugas di DLH Barito Selatan," kata dia.

Baca juga: Sebanyak 5.746 KPM di Barito Selatan dapat bantuan cadangan pangan

Baca juga: Legislator Barsel apresiasi langkah cepat pemkab bantu warga terdampak banjir

Baca juga: Pemkab Barsel distribusikan bansos ke sejumlah desa di dua kecamatan